Sabtu, 13 Agustus 2022
24 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaMigrasi ke TV Digital Tuntutan Jaman

    Migrasi ke TV Digital Tuntutan Jaman

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Migrasi siaran televisi analog ke TV Digital merupakan tuntutan jaman, juga mendukung program transformasi digital menuju teknologi modern dan canggih.

    Demikian diungkapkan pengamat Komunikasi dan Informatika Budi Sampurno, M.Si,

    saat ditanya mengenai perubahan dunia pertelevisian dari siaran analog ke digital.

    Menurut dia, sebenarnya Indonesia sudah tertinggal, karena berdasarkan kesepakatan International Telecommunication Union (ITU) di Jenewa tahun 2006 telah merekomendasikan batas akhir Analog Switch-Off (ASO) pada 17 Juni 2015, bagi seluruh anggota ITU.

    “Indonesia melalui UU No 11 tahun 2020, memberikan kesempatan waktu hingga November 2022. Saya harus disukseskan,” kata Budi.

    Ia menjelaskan, lalu kenapa kok harus dilakukan migrasi penyiaran dari modulasi analog berpindah ke modulasi digital? “Hal ini dikarenakan kemajuan teknologi telah menjadikan konvergensi antara telekomunikasi, komputer dan penyiaran,” katanya menjawab melalui kacamatakom.blogspot.com. Jumat (17/6/2022).

    Baca juga :  Diikuti 131 Peserta, Pegadaian Kanwil XII Surabaya Sukses Gelar Khitanan Massal

    Budi menegaskan, apabila telah dilakukan migrasi maka akan memperoleh keuntungan, antara lain yaitu; suara serta gambar akan lebih terang, jernih serta berkualitas prima. Lebih tahan dengan gangguan intervensi signal lain, seperti suara signal siaran radio.

    “Tidak kalah penting. Tersedianya layanan-layanan baru yang bersifat interaktif dan ubiquitous-kapan saja, di mana saja dengan alat apa saja. Sehingga memungkinkan penggunaan adjacent chanel,” ujarnya.

    Selain itu, lanjutnya, kemampuan Single Frequency Network (SFN) sehingga penggunaan frekuensi menjadi sangat efisien. Dimana pada satu kanal bisa diisi dengan banyak program dan data secara multiplex.

    Oleh karenanya, kata dia, dengan modul siaran digital, akan memberikan peluang munculnya banyak industri atau bisnis baru di bidang telekomunikasi dan media elektronik, disamping peluang untuk industri peralatan maupun software. (JT)
    #ASO
    #analogswitchoff
    #TVdigital
    #siarandigitalindonesia
    #ASO2022

    Reporter : Djoko Tetuko

    Penulis :

    Editor:

    Redaktur :

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan