Sabtu, 15 Juni 2024
29 C
Surabaya
More
    Politik PemerintahanGolkar-Gerindra Bertemu, Bahas Koalisi Menangi Pilkada Jatim

    Golkar-Gerindra Bertemu, Bahas Koalisi Menangi Pilkada Jatim

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Jawa Timur berkunjung saudara muda DPD Gerindra Jawa Timur di Jalan Gayungsari Barat Surabaya, Jumat (24/5/2025). Sebelumnya, Golkar menerima tamu DPW PKS di Kantor Golkar Jalan Ahmat Yani Surabaya.

    Rombongan Golkar Jawa Timur dipimpin Ketua M. Sarmuji yang didampingi Plt Sekretaris Syaifullah Maksum, Bendahara Blegur Prijanggono dan beberapa wakil ketua. Rombongan Golkar diterima Ketua DPD Gerindra Anwar Sadat dan jajaran pengurus Gerindra lainnya.

    Pertemuan membahas potensi Koalisi kedua partai di sejumlah daerah di Jatim pada Pilkada 2024 tahun ini. Ketua DPD Golkar Jawa Timur M. Sarmuji menjelaskan, pertemuan ini merupakan kunjungan balasan setelah Gerindra ke DPD Golkar Jawa Timur beberapa waktu lalu.

    Baca juga :  Saat yang Tepat, Bayu Airlangga Daftar Bacawali Surabaya ke PSI

    Menurut Sarmuji, Golkar bersama Gerindra memiliki kesamaan dalam ide membangun daerah. Terutama, saat keduanya bersama dalam poros Koalisi Indonesia Maju (KIM), sama-sama mengusung Prabowo-Gibran di Pemilihan Presiden 2024.

    “Berdasarkan hasil survei, mayoritas pemilih Golkar memilih Pak Prabowo. Ini menunjukkan bagaimana loyalitas pemilih Golkar, khususnya yang ada di Jawa Timur,” kata Sarmuji.

    Berkaca pada hasil Pemilu 2024, Gerindra maupun Golkar memiliki cukup kursi yang memungkinkan kedua partai ini menjalin kerja sama di level daerah.

    “Insya Allah, ada banyak titik yang bisa kami kerja samakan dengan Partai Gerindra. Kalau bisa saling kerja sama, kami akan saling menguatkan dan membesarkan masing-masing partai untuk Jawa Timur yang lebih baik,” ucap pria yang akrab disapa Cak Sar ini.

    Baca juga :  Pj. Gubernur Dukung Roadshow Bus KPK 2024: Upaya Preventif Pendidikan Anti Korupsi

    Sesuai pemetaan Golkar, ada sekitar 19 daerah atau separuh daerah penyelenggara Pilkada di Jawa Timur yang berpeluang menjalin kerja sama dengan Gerindra.

    Di antaranya, Kota Probolinggo, Gresik, Kabupaten Madiun, Jember, Jombang hingga Surabaya. “Peluang (kerja sama) bisa lebih dari separuh dari daerah yang menyelenggarakan Pilkada, baik kota maupun kabupaten. Peluang itu cukup besar,” kata Wakil Ketua Komisi Vl DPR RI ini.

    Di sisi lain, Ketua Gerindra Jawa Timur Anwar Sadad mengakui ada beberapa kesamaan dengan Golkar, terutama pasca gelaran Pemilihan Presiden.

    Menurut Gus Sadad, kerja sama di level nasional sangat mungkin untuk diturunkan ke tingkat provinsi (pemilihan gubernur) maupun pilkada di tingkat kabupaten/kota.

    Baca juga :  Wakil Ketua KPK Imbau Calon Kepala Daerah Jangan Money Politics

    “Kami ingin saling memperkuat dan meng-endorse. Apalagi kami saling memiliki tradisi dan basis yang sama, sehingga secara alami terbentuk kesamaan pandangan. Semoga aura kemenangan di Pilpres bisa berlanjut,” kata Gus Sadad di tempat yang sama.

    Sekalipun, menurut Gus Sadad, pembicaraan koalisi juga tetap akan menimbang dinamika di masing-masing daerah.

    “Kami juga akan menyerap suara di DPC soal siapa yang diusung sebagai calon kepala daerah maupun wakil kepala daerah,” ujar Gus Sadad yang juga Wakil Ketua DPRD Jatim ini.

    Setelah berlangsung upacara pertemuan secara formal, pertemuan dilanjutkan dengan agenda tertutup. Bertemua. Khusus berlangsung sekitar 20 menit . (*)

    Reporter : Amin Istighfarin

    COPYRIGHT © 2024 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan