Selasa, 16 Agustus 2022
27 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMojokertoKanal Pengaduan "Curhat Ning Ita" Sabet Penghargaan Nasional Dari Kemenpan-RB

    Kanal Pengaduan “Curhat Ning Ita” Sabet Penghargaan Nasional Dari Kemenpan-RB

    MOJOKERTO (WartaTransparansi.com) – Kanal pengaduan milik Pemerintah Kota Mojokerto dengan julukan “Curhat Ning Ita” berhasil menyabet penghargaan nasional dalam Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4) ke-4, yang diselenggarakan Kemenpan-RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi).

    Layanan pengaduan yang sudah terintegrasi dengan SP4N (Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional) – LAPOR (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) ini berhasil masuk sebagai 30 peserta terbaik kategori Instansi Pemerintah (IP) Umum, bersanding dengan Pemerintah Kota Surabaya.

    Wali kota Mojokerto, Ika Puspitasari menjelaskan penghargaan ini diterima atas komitmen Pemerintah Kota Mojokerto dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik terutama dalam bidang pengelolaan pengaduan masyarakat Kota Mojokerto.

    Baca juga :  Sekdaprov Adhy Harapkan Pengungkapan Nilai Luhur yang Terpendam di Jatim

    “Pemerintah Kota Mojokerto sangat terbuka terhadap saran, masukan, maupun aduan masyarakat. Alhamdulillah kanal “Curhat Ning Ita” dapat menjadi jembatan komunikasi serta solusi dalam memberikan layanan terbaik untuk masyarakat,” ungkap Ning Ita sapaan akrab Wali Kota Mojokerto, Jum’at (17-6-2022) petang tadi.

    Menurutnya, keberhasilan kanal pengaduan “Curhat Ning Ita” dalam meraih sejumlah penghargaan ini tidak lepas dari kerja keras dan kolaborasi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang telah dengan sigap menyelesaikan aduan dari masyarakat.

    “Seluruh OPD bahu-membahu dapat merespon dengan cepat seluruh saran, masukan dan aduan yang masuk dengan cepat dan tuntas. Terimakasih saya ucapkan, ini merupakan keberhasilan bersama,” imbuhnya.

    Sebagai informasi dalam Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik ke- 4 Kemenpan-RB ini terdapat tiga kategori diantaranya kategori IP Outstanding Achievement, kategori Instansi Pemerintah (IP) Umum, dan kategori Unit Pengelola Pelayanan Publik (UPP) Terbaik.

    Baca juga :  Sekdaprov Adhy Harapkan Pengungkapan Nilai Luhur yang Terpendam di Jatim

    Piagam penghargaan tersebut diserahkan oleh Widodo Muktiyo, Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa kepada Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari di Ritz Carlton Hotel, Mega Kuningan Jakarta, Kamis (16/6/2022).

    “Kanal pengaduan masyarakat yang menggunakan nama panggilan abrab Walikota Mojokerto dengan julukan “Curhat Ning Ita” sangat direspon warga kota Mojokerto, sehingga terbentuk suasana yang komunikatif antara warga dan pimpinan walikota Mojokerto, sehingga bisa berhasil meraih penghargaan ini,” ungkap Widodo Muktiyo, Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa.

    Disisi lain, lanjut Muktiyo, walikota atau atas nama walikota juga kooperatif menanggapi setiap aduan atau keluan warganya dengan penjelasan yang sederhana dan mudah dipahami warga kota Mojokerto. Sehingga kanal pengaduan itu sendiri, benar-benar bisa mewakili pengaduan warga tanpa harus menghadap walikota di kantor kerjanya.

    Baca juga :  Sekdaprov Adhy Harapkan Pengungkapan Nilai Luhur yang Terpendam di Jatim

    Sebelumnya, Pemkot Mojokerto juga telah berhasil menjadi Top-46 dalam Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik yang diselenggarakan Kemenpan- RB pada tahun 2020 lalu. (gia)

    Reporter : Gatot Sugianto

    Penulis :

    Editor :

    Redaktur :

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan