Jumat, 24 Mei 2024
29 C
Surabaya
More
    NasionalJokowi Groundbreaking Bandara IKN, Anggarannya Rp4,3 Triliun, Bisa Digunakan Medio 2024

    Jokowi Groundbreaking Bandara IKN, Anggarannya Rp4,3 Triliun, Bisa Digunakan Medio 2024

    JAKARTA – (Wartatransparansi.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Bandar Udara Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (1/11/2023). Proyek itu dianggarakan Rp4,3 triliun dan ditarget sudah bisa digunakan medio tahun 2024.

    “Kehadiran bandara ini sangat penting mengingat makin padatnya kegiatan di IKN, makin banyaknya mobilitas orang dan juga barang dari dan menuju ke IKN,” kata Jokowi.

    Kehadiran Bandara IKN, lanjutnya, juga akan membuat kawasan IKN makin terbuka, konektivitas makin baik, dan makin mudah dijangkau dari manapun. Kepala Negara juga meyakini bahwa kehadiran Bandara IKN akan meningkatkan daya saing IKN.

    “Saya yakin Bandara IKN ini akan meningkatkan daya saing IKN, competitiveness, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan mendorong pengembangan potensi di daerah, dan mengakselerasi pembangunan IKN yang sedang kita proses,” jelasnya.

    Baca juga :  Ketua DPD RI Dukung Pengembangan KEK Sorong Sebagai Upaya Pendekatan Kesejahteraan di Papua

    Jokowi menjelaskan bahwa Bandara IKN tersebut merupakan bandara khusus yang digunakan untuk mendukung pelayanan kegiatan pemerintahan dan mendukung konektivitas di Ibu Kota Nusantara. Bandara IKN ini memiliki luas 347 hektare dengan landas pacu (runway) 3.000 x 45 meter, dan dapat melayani pesawat berbadan lebar.

    “Juga dilengkapi dengan terminal seluas 7.350 meter persegi sehingga penumpang dapat dilayani dengan nyaman dan baik,” imbuhnya.

    Jokowi pun menargetkan bandara yang dibangun dengan anggaran Rp4,3 triliun tersebut dapat digunakan pada medio atau pertengahan tahun 2024 dan dapat beroperasi penuh pada akhir tahun 2024.

    “Ditargetkan akan beroperasi penuh di Desember 2024, tetapi sudah bisa dipakai nanti di bulan Juni 2024,” ucapnya.

    Baca juga :  Dampingi Presiden Tinjau Lokasi Bencana, Menko PMK: Jangan Ambil Risiko Tinggal di Zona Merah

    Turut mendampingi Presiden Jokowi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim Erick Thohir, Mensekneg Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menhub Budi Karya Sumadi, Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Pj. Gubernur Kaltim Akmal Malik, dan Pj. Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun. (*)

    Reporter : Wetly

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan