Sabtu, 13 April 2024
30 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaKetua PMI Jatim Imam Utomo Lepas Kontingen PMR Jatim ke Jumbara PMR...

    Ketua PMI Jatim Imam Utomo Lepas Kontingen PMR Jatim ke Jumbara PMR Nasional 2023

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Ketua PMI Jawa Timur, H Imam Utomo S melepas keberangkatan kontingen Palang Merah Remaja (PMR) Jawa Timur yang akan tampil di Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) PMR IX tahun 2023 di Taman Agro Wisata Way Handak, Lampung Selatan, 2 hingga 10 Juli 2023. Kontingen berkekuatan 41 remaja SD hingga SMA yang didampingi 12 orang instruktur dilepas di Markas PMI Provinsi Jawa Timur, Jumat (30/6/2023).

    Dalam acara pelepasan yang dilaksanakan penuh keakraban dan dalam suasana gembira itu, Imam Utomo yang didampingi beberapa pengurus PMI Jatim termasuk sekretaris Dewan Kehormatan PMI Jatim, Rasiyo, Sekretaris PMI Jatim Edi Purwinarto selaku Komandan Kontingen PMR Jatim, Ketua Bidang Anggota dan Relawan PMI Jatim Zaenal Marzuki dan pengurus lainnya.

    Baca juga :  Khofifah Ungkap 1.396 Tempat Wisata Di Jatim yang Bisa Dikunjungi 

    Ketua PMI Jatim H Imam Utomo S memotong tumpeng yang kemudian diserahkan kepada dua perwakilan kontingen PMR Jatim.

    Pada kesempatan itu, Ketua PMI Jatim Imam Utomo meminta agar para relawan PMR Jatim yang akan hadir di Jumbara tingkat nasional untuk bersilaturahmi dengan bertemu teman-teman dari daerah lain seperti dari Papua, NTT, Aceh dan sebagainya. “Di Jambore PMR tingkat nasional ini diikuti 34 provinsi. Berbagai kegiatan dilaksanakan termasuk parade budaya daerah masing-masing. Jadi ini menjadi kesempatan yang baik untuk mengenal daerah lain,” papar Imam Utomo.

    Menyinggung soal persiapan, diakui Imam Utomo bahwa mereka yang berangkat mewakili kontingen Jawa Timur merupakan yang terbaik. Selain lolos dari hasil seleksi ada 41 PMI baik tingkat mula setara pelajar SD (10-12 tahun), madya dengan tingkatan setara pelajar SMP (12-15 tahun) dan wira dengan tingkatan setara pelajar SMA (15-17 tahun), mereka juga digembleng dalam pemusatan latihan atau TC di tempat wisata Bhakti Alam kabupaten Pasuruan selama sepekan.

    Baca juga :  Meriah, Reuni Akbar dan Halal Bi Halal Keluarga Bani Nyonorejo

    “Saya sudah melihat peningkatan kemampuan anak-anak PMR Jatim saat TC di Bhakti Alam. Kita harapkan apa yang sudah ditunjukkan dalam latihan itu mampu dipertahankan dengan tampil maksimal saat gelaran PMR di Lampung nanti. Kita optimis Jatim mampu mempertahankan prestasi dalam PMR tahun ini dengan berada diperingkat utama nantinya,” tambah mantan gubernur Jatim 2 periode itu.

    “Terakhir lima tahun lalu Jatim berhasil di peringkat atas (tiga besar). Tahun ini harus lebih bagus lagi, minimal mempertahankan hasil Jumbara lalu di Pangkep Sulawesi. Selama mengikuti Jumbara PMR, para peserta akan mengikuti berbagai kegiatan seperti seni budaya, berbagai macam keterampilan hingga materi-materi tentang kepalangmerahan. Di sana peserta beraktivitas di alam terbuka, tidur di tenda atau barak,” tutup Imam.

    Baca juga :  Usai Shalat Id di Taman Surya Wali Kota Eri Langsung Open House di Rumah Dinas

    Tim dari Jatim yang didampingi 12 instruktur dan pengurus PMI Jatim berangkat Jumat malam ini menggunakan kereta api, kemudian dilanjutkan perjalanan darat menggunakan bus, serta melintas ke Lampung melalui penyeberangan Merak-Bakauheni. (sr/min)

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan