Jumat, 12 April 2024
27 C
Surabaya
More
    JakartaBlusukan Tengah Malam, Menko Muhadjir Pastikan Arus Balik Lancar

    Blusukan Tengah Malam, Menko Muhadjir Pastikan Arus Balik Lancar

    JAKARTA  (Wartatransparansi.com) — Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy kembali blusukan ke gerbang tol Cikampek Utama KM 70, Minggu malam (30/4/2023) untuk memastikan puncak gelombang kedua arus balik Idul Fitri 1444 H berjalan dengan baik dan lancar.

    Tiba sekitar pukul 23.00 WIB, Muhadjir beserta rombongan langsung menuju Posko Pantau Jalan Tol Trans Jawa yang berada di Gerbang Tol Cikampek Utama KM 70. Dia berdiskusi dengan Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur beserta jajarannya. Turut hadir antara lain, Wakapolda Jabar Brigjen Pol Bariza Sulfi, Kasdam Siliwangi Brigjen TNI Agus Saepul, Danlanud Husein Sastranegara Kol Pnb Ardi Syahri, serta Bupati Karawang dr Cellica Nurrchadianna.

    Baca juga :  Masuknya 1000 Ton Impor Beras Asal Vietnam Mencekik Petani

    Dalam diskusinya, Muhadjir kembali menyoroti penggunaan rest area oleh para pemudik. Hal ini dikarenakan masih terdapat sejumlah titik kepadatan menjelang pintu masuk rest area yang diakibatkan oleh penumpukan kendaraan di tempat tersebut. Dia meminta kepada jajaran kepolisian untuk tetap terus memberi himbauan kepada para pemudik untuk membatasi waktu ketika berada di rest area.

    Dalam pantauan CCTV, pihak Jasa Marga juga memperlihatkan sejumlah kepadatan yang terjadi sepanjang ruas tol Kalikangkung hingga Cikampek. Kepadatan terjadi karena sejumlah insiden, seperti ban kendaraan yang bocor, kecelakaan ringan.

    Selain itu terjadinya semburan api yang diduga berupa gas bawah tanah di Rest Area Tol Cipali KM 86 B yang membuat banyak pemudik memelankan kendaraan hingga berhenti di bahu jalan untuk melihatnya. Akibatnya arus lalu lintas melambat.

    Baca juga :  Penanganan Mudik Lebaran Berhasil, Menko Muhadjir: Kecelakaan Lalu Lintas Turun

    Namun demikian, pihak Jasa Marga menjelaskan upaya penanganan kepadatan tersebut sudah dilakukan dan tersendatnya arus kendaraan dapat langsung terurai.

    Muhadjir meminta seluruh pihak yang bertugas, baik jajaran kepolisian, TNI, pengelola jalan tol hingga pemerintah daerah untuk tetap fokus serta tetap siaga dan waspada pada sisa hari akhir arus balik Lebaran ini.

    “Mohon untuk semua tetap fokus, siaga dan waspada sampai ini (arus balik) berakhir. Setidaknya sampai besok senin. Tetapi jika besok dilihat masih juga terdapat kepadatan, segera cari solusi,” ujarnya.

    Kedatangan Muhadjir yang kesekian kalinya di ruas tol Kalikangkung-Cikampek ini merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk terus berupaya memberikan kenyamanan dan keamanan kepada para pemudik. Muhadjir menyampaikan pemerintah betul-betul konsen dalam menangani arus mudik Lebaran kali ini. Sehingga kemacetan yang terjadi pada tahun sebelumnya tidak dialami oleh para pemudik tahun ini.

    Baca juga :  Menko Muhadjir Gerak Cepat Tangani Kecelakaan di Ruas Tol Cikampek KM 58

    “Kami hanya ingin para pemudik nyaman dan aman. Sudah itu. Sehingga semuanya harus mau bekerja sama, saling koordinasi, dan saling mengerti. Tidak hanya yang bertugas, tetapi juga bagi para pemudik untuk senantiasa memperhatikan himbauan dari rekan-rekan yang bertugas,” ujar Muhadjir. (*/ANO)

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan