Selasa, 18 Juni 2024
28 C
Surabaya
More
    HukrimGubernur Papua Lukas Enembe Ditangkap, Diterbangkan KPK Ke Jakarta

    Gubernur Papua Lukas Enembe Ditangkap, Diterbangkan KPK Ke Jakarta

    JAYAPURA (WartaTransparansi.com) – Gubernur Papua Lukas Enembe langsung dibawa KPK menuju Bandara Sentani, Jayapura, Papua usai ditangkap. Lukas akan diterbangkan ke Jakarta. Hal itu disampaikan Kapolda Papua Irjen Mathius D. Fakhiri

    Dia menginformasikan KPK menangkap Lukas Enembe pagi tadi. Lukas sempat diamankan ke Mako Brimob sebelum dibawa ke bandara. “Benar tadi ditangkap dan diamankan ke Brimob Polda Papua. Namun kini Lukas Enembe telah dibawa ke Bandara,” ujar Irjen Mathius D. Fakhiri saat dikonfirmasi, Selasa (10/1/2023).

    Namun Mathius tidak menjelaskan lebih jauh mengenai penangkapan tersebut. Dia menyerahkan hal tersebut ke KPK. “Selebihnya nanti tanya ke KPK. kami hanya membantu,” ucapnya.

    Pengacara Gubernur Papua Lukas Enembe, Petrus Bala Pattiona turut membenarkan penangkapan kliennya. Dia menyebut Lukas Enembe diamankan KPK hari ini. “Pak Gubernur diamankan,” kata Petrus saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (10/1/2023).

    Baca juga :  Hakim Tolak Gugatan PT Best Crusher Sentralindojaya pada P3SRS Pakuwon Center Tunjungan Plaza

    Petrus mengatakan Lukas Enembe diamankan di Mako Brimob Polda Papua. Saat ini pihaknya sedang mengecek langsung ke lokasi. “Saat ini berada di Mako Brimob,” ujarnya.

    Namun Petrus belum menanggapi lebih jauh terkait penangkapan tersebut. “Kami belum bisa memberikan statmen lebih jauh. Kami masih mau melihat di Mako Brimob,” katanya

    Sebelumnya, KPK menahan tersangka penyuap Gubernur Papua Lukas Enembe, Rijatono Lakka selama 20 hari ke depan. Rijatono merupakan Direktur PT Tabi Bangun Papua, salah satu perusahaan yang memenangkan sejumlah proyek pembangunan infrastruktur di bumi cenderawasih. “Untuk kebutuhan penyidikan, Tim Penyidik menahan Tersangka Rijatono Lakka, untuk 20 hari pertama,” kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam konferensi pers di gedung Merah Putih, Kamis (5/1/2023).

    Baca juga :  Judi Online dan Pinjol Ilegal Adik Kakak, Menteri Budi: Dua-duanya Disikat

    Alex menuturkan, Rijatono diduga menghubungi Lukas Enembe dan beberapa pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua sebelum pelaksanaan lelang proyek pengadaan infrastruktur. Tidak hanya menjalin komunikasi, Rijatono juga diduga melakukan dan memberikan sejumlah uang. “Memberikan sejumlah uang sebelum proses pelelangan dilaksanakan sehingga harapannya bisa dimenangkan,” kata Alex.

    Sejumlah proyek yang dimenangkan antara lain, proyek multi years peningkatan jalan Entrop-Hamadi, proyek multi years rehab sarana dan prasarana penunjang PAUD Integrasi, dan penataan lingkungan venue menembak outdoor AURI. “Setelah terpilih untuk mengerjakan proyek dimaksud, Tersangka Rijatono Lakka diduga menyerahkan uang pada tersangka Lukas Enembe dengan jumlah sekitar Rp 1 miliar,” ujar Alex. (sr)

     

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan