Selasa, 7 Februari 2023
24 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaAl-Qur’an Sudah Menyebut Manusia di Tengah-Tengah

    Al-Qur’an Sudah Menyebut Manusia di Tengah-Tengah

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Al-Qur’an sudah menyebutkan bahwa kita (manusia, red) adalah Ummatan Wasathan artinya umat yang berada di tengah-tengah dan tidak menciderai agama lain dengan hal-hal yang intoleran.

    Pernyataan di atas diungkapkan Dr. Alwi Shihab, Senior Fellow Institut Leimena saat menyampaikan materi “Peran Pesantren dalam Literasi Keagamaan untuk Mencegah Perpecahan dan Memperkuat Kerjasama Antar Umat Beragama.

    Kompetensi Pribadi sebagai Usaha untuk Mencapai Hasil yang Maksimal* pada Webinar Ihternasional Seri Literasi Keagamaan Lintas Budaya, Selama malam (22/11/2022).

    Pada Webinar yanh digelar Institut Leimena Alwi Shihab menegakan, maka manusia
    berlomba-lombalah dalam kebaikan-kebaikan, yang salah satunya adalah menghargai agama lain.

    Selain itu, lanjut dia, sejalan dengan pendapat yang disampaikan K.H. Abdul Halim Mahfudz, bahwasanya banyak orang sering memahami nash al-Qur’an dan al-Hadis itu setengah-setengah, tidak memperhatikan konteks kapan dan dimana nash itu diturunkan, tidak memperhatikan Asbab al-Nuzul dan Asbab al-Wurud, termasuk dalam memahami sikap saling tolong-menolong antar umat beragama.

    Baca juga :  PKS Surabaya : Selamat 1 Abad NU

    Padahal, menurut dia, Nabi Muhammad saw, telah menganjurkan kepada umatnya untuk saling tolong menolong dalam kemanusiaan. Bukan hanya dalam Muamalah, melainkan juga dalam Birrun kepada umat non muslim yang tidak memerangi agama. Sehingga tercipta Islam Rahmatan lil Aalamiiin.

    Bahkan, ditegaskan,
    Al-Qur’an dalam Surah al-Hujurat Ayat 13 yang artinya: _“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu.

    Dr. Alwi Shihab yang juga Senior Fellow di Institut Leimena. Beliau menjabat sebagai Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia untuk Timur Tengah dan Organisasi Kerjasama Islam (2016-2019), menegaskan bahwa
    “Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.”_ , ayat yang juga disampaikan pada Opening Ceremony Piala Dunia di Qatar. Dalam ayat tersebut ada kata li ta’arafuu yang artinya untuk saling mengenal, artinya mengenal disini adalah berinteraksi dengan sesama manusia, berinteraksi yang baik berarti memakmurkan dunia, sehingga mencegah perselisihan.

    Baca juga :  Anas Karno Tolak Keras Night Zoo KBS

    Alwi Shihab sendiri
    pernah menjabat sebagai Menteri, dan telah mengajar di beberapa Universitas dalam Negeri dan luar Negeri. Pendidikannya ditempuh di dalam dan luar Negeri juga telah menerbitkan beberapa buku, salahsatunya: Islam Inklusif: Menuju Sikap Terbuka dalam Beragama. (*)

    Reporter : Nuriyah Maslahah

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan