Jumat, 1 Juli 2022
24 C
Surabaya
More
    OpiniEra Digital, Lokomotif Kebangkitan Pasca Masa Pandemi Covid-19

    Era Digital, Lokomotif Kebangkitan Pasca Masa Pandemi Covid-19

    Oleh Djoko Tetuko

    Potret mudik sebagai simbol pulang ke kampung halaman, menjalin kembali silaturrahmi setelah sekian lama terputus secara langsung (jiwa dan raga) beserta pancaran aura. Juga sikap merasa menjadi pengabdi dalam melakukan hubungan dengan Ilahi Robbi (Tuhan Yang Esa dan Kuasa) maupun perwujudan ibadah dalam hubungan sesama manusia. Terutama sungkem kepada kedua orangtua dan menundukkan kepala dengan sikap bersahabat sebagai rasa hormat kepada yang lebih tua. Itulah hakiki Mudik Lebaran.

    Bahkan, tidak jarang sungkem kepada kedua orangtua, jika sudah wafat, menggantikan dengan ziarah ke makam mereka sekaligus memanjatkan doa. Walaupun tidak tertutup kemungkinan doa kepada kedua orangtua yang sudah meninggal dunia dan ahli kubur sudah terbiasa dikirimkan setiap hari, bahkan mungkin setiap selesai waktu sholat lima waktu.

    Jadilah budaya Mudik Lebaran bukan sekedar pulang kampung, bukan sekedar membelanjakan uang THR atau menyebarkan uang simpanan di kampung halaman, tetapi esensi paling mendasar ialah menyambung kembali persaudaraan dan persahabatan pada moment hari raya, terutama pada Idul Fitri 1443 Hijriyah, setelah 2 (dua) tahun atau dua kali hari raya dilarang, karena Covid-19. Semua ikhtiar Mudik Lebaran semata-mata untuk menyempurnakan amal ibadah.

    Bahkan, begitu kuat, hebat, dan bermartabat budaya Mudik Lebaran bagi muslim di Indonesia. Tanpa basa basi jika seluruh aktifitas selama mudik dikalkulasi dengan perhitungan ekonomi perdagangan, maka terjadi transaksi triliunan rupiah. Bahkan jika dalam perhitungan pergerakan manusia, maka jutaan muslim dan non-muslim melakukan aktifitas sangat positif dalam membangun pundi-pundi amal dengan nilai bisnis sangat menggiurkan. Semua itu hanya berharap rahmat dan ridlo Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan harapan Indonesia tetap menjadi negara yang gema ripo lho jinawi.

    Reporter :
    Penulis : Djoko Tetuko
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan

    Babak Baru Sekdaprov Jatim

    Merajut (kembali) Halal Bi Halal Kebangsaan

    TV Digital Menebar Keadilan

    Memburu Untung Malah Buntung