Rabu, 14 April 2021
32 C
Surabaya
More
    Tak BerkategoriWartawan Bukan Malaikat

    Wartawan Bukan Malaikat

    Oleh :

    DEWAN mulai tahun 2019 telah melakukan perubahan sangat mendasar, yakni menambah materi (UKW) dengan menempatkan Kode Etik Jurnalitik (KEJ) dan Undang Undang Nomor 40 tentang Pers menjadi panglima dalam menentukan seorang wartawan di semua tingkatan, muda (reporter), madya (redaktur), dan utama (redaktur pelaksana sampai pemimpin redaksi).

    Pola UKW pun juga berubah total dengan memberikan ketentuan, bahwa semua wartawan yang belum pernah mengikuti UKW harus memulai dari UKW tingkatan muda. Dan apabila ingin meningkatkan ke level madya, maka harus menunggu selama 2 tahun. Demikian juga, jika dari madya ingin naik ke tingkatan utama, menunggu selama 3 tahun.

    Baca juga :  Ramadhan, Momentum Perdamaian Dunia

    Wartawan sebagai profesi dan wajib independen dalam menulis karya jurnalistik, memang wajib memahami, mengerti, bahkan mendalami Kode Etik Jurnalistik sebagai panglima dalam memfilter sebuah karya yang berakhlaq dan berbudi pekerti luhur, sehingga masyarakat pembaca atau pemirsa juga pendengar ketika menerima berbagai aneka serta ragam informasi benar-benar terpercaya.

    Juga dapat dipertanggungjawabkan dunia akherat. Artinya berita wartawan sudah dijamin tidak bakal menyajikan berita hoax.

    Reporter : Joko Tetuko
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber :

    Komentar

    guest
    0 Komentar
    Inline Feedbacks
    View all comments

    Berita Menarik Lainya

    Terkini

    Jangan Lewatkan