Jumat, 24 Mei 2024
29 C
Surabaya
More
    Jawa TimurProbolinggoPipanisasi Bagi Warga Terdampak Karhutla Bromo Selesai Dibangun

    Pipanisasi Bagi Warga Terdampak Karhutla Bromo Selesai Dibangun

    PROBOLINGGO (Wartatransparansi.com) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan jaringan pipa air bersih yang telah rampung diperbaiki Pemprov Jatim di Kecamatan Sukapura, Kab. Probolinggo, Kamis (2/11).

    Sebelumnya jaringan pipa air bersih di empat desa ini sempat rusak karena terdampak karhutla. Namun setelah Gubernur Khofifah menerima laporan terkait kerusakan ini pihaknya langsung melakukan perbaikan agar warga di empat desa bisa segera kembali menikmati air bersih.

    Warga di empat desa yaitu di Desa Ngadirejo, Desa Sapikerep, Desa Ngadas, dan Desa Wonokerto kembali bisa menikmati air bersih. Tercatat sebanyak 2.240 KK atau sekitar 6.472 jiwa yang tersebar di empat desa ini telah menerima manfaat dari perbaikan pipanisasi ini,” ungkapnya.

    Jumlah itu meliputi, 450 KK atau sekitar 1.280 jiwa di Desa Ngadirejo, 1.026 KK (3.000 jiwa) di Desa Sapikerep, 530 KK (1.540 jiwa) di Desa Wonokerto dan sebanyak 234 KK atau sekitar 652 jiwa di Desa Ngadas.

    Gubernur Khofifah menceritakan, sebelum perbaikan pipa saluran air bersih dilakukan Pemprov Jatim, ketika rapat koordinasi ia sempat bertanya apa kira-kira yang direkomendasikan dan kemudian ada empat kepala desa yang menyampaikan bahwa pipa air yang mengalirkan ke rumah-rumah mereka terbakar.

    Saat itu pula, Gubernur Khofifah meminta segera dilakukan assessment dan akhirnya saat ini bisa dilakukan percepatan pemasangan pipanisasi saluran air bersih. Ini juga karena kerja gotong royong masyarakat Tengger luar biasa sehingga apa yang dilakukan Pemprov Jatim bisa lebih cepat dan terukur. (*)

    Reporter : Soejono Muhammad

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan