Sabtu, 13 April 2024
30 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaOpen House Gubernur Khofifah Bersama Tukang Becak, Ojol dan Kepala OPD

    Open House Gubernur Khofifah Bersama Tukang Becak, Ojol dan Kepala OPD

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Ada pemandangan menarik dan diluar kebiasaan dimana seorang gubernur melakukan open house dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1444 H (2023M) di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu (22/4/2023).

    Adalah Gubernur Hj. Khofifah Indar Parawansa mengundang ratusan abang becak, ojek online dan masyarakat paling bawah. Bak gayung bersambut, masyarakat ramai ramai mendatangi gedung Grahadi bersilaturahmi dengan pemimpinnya yakni Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur.

    Tidak hanya bersalaman dengan Khofifah, mereka juga diberi sangu (amplop) dan bingkisan sembako (beras, minyak goreng dan biskuit). Bahkan masyarakat dengan pakaian yang agak lusuk dipersilahkan masuk kedalam untuk melihat sudut sudut ruangan yang biasanya digunakan pertemuan dan menerima tamu tamu VVIP, berfoto ria pun juga diperbolehkan.

    Hebatnya Khofifah tak canggung sedikitpun menerima mereka, malahan asyik. Sesekali Khofifah mengambil jajan diberikan anak anak yang digendong ibunya. Ini adalah bentuk kepedulian dan perhatian pemimpin pada rakyatnya agar mereka bisa gemuyu dan bahagia di saat Lebaran ini.

    Tapi sesungguhnya hal semacam itu bagi Khofifah sesuatu yang biasa. Pada momentum HUT Provinsi Jawa Timur atau HUT Kemerdekaan, warga yang domisilinya di sekitar Gedung Grahadi maupun mereka yang berada di Kantor Gubernur Jalan Pahlawan, selalu  ditengok (disapa) Khofifah. Gubernur datang dengan membawa oleh oleh (bingkisan).

    Baca juga :  Sholat Idul Fitri di Mas Surabaya,  Pj. Gubernur:  Bersyukur Situasi Jatim Aman, Nyaman Terjaga

    Open house terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama digelar mulai pukul 09.00 – 12.00 WIB. Sedangkan untuk masyarakat umum dipersilakan datang pada sesi kedua yaitu pukul 13.00 – 16.00 WIB.

    “Untuk masyarakat, dimulai pukul 13.00 sampai 16.00 WIB. Hari kedua Syawal dari jam 10.00 sampai 13.00 WIB, kemudian jam 19.00 sampai 21.00 WIB,” kata Gubernur Khofifah.

    Pantauan Wartatransparansi.com, masyarakat tampak antusias menghadiri undangan terbuka itu dan mulai berdatangan sejak pukul 12.00. Suasana open house berjalan dengan gayeng dan lebur jadi satu. Masyarakat yang datang pun dipersilahkan menikmati santap makan siang gratis yang telah disediakan.

    “Kepada masyarakat yang sudah hadir, saya ucapkan terima kasih dan mohon maaf lahir batin untuk semuanya,” ungkap Gubernur Khofifah kepada wartawan.

    Open House Gubernur Khofifah Bersama Tukang Becak, Ojol dan Kepala OPD
    Masyarakat umum antre untuk berjabat tangan dengan gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

    Baca juga :  Usai Shalat Id di Taman Surya Wali Kota Eri Langsung Open House di Rumah Dinas

    Kegayengan terlihat saat masyarakat mulai berjabat tangan satu per satu dengan orang nomor satu di Jatim ini tanpa melihat latar belakang pribadi. “Monggo bisa masuk melihat-lihat dan menikmati Gedung Negara Grahadi. Silahkan boleh berfoto, juga boleh menikmati halaman belakangnya,” ajaknya mempersilahkan.

    Bersama sang Putra Kedua Jalaluddin Mannagalli Parawansa, senyum hangat menyapa masyarakat tak ada habisnya. Dirinya kemudian juga memberikan khusus  anak-anak yang turut hadir Open House dengan hadiah lebaran. “Jangan dilihat nominalnya, tapi insyaallah semoga membuat bahagia mereka,” ucapnya.

    Pemandangan menarik saat, Prayitno 56 tahun yang berprofesi sebagai penarik becak yang sehari hari mengayuh becak di SDN Ketabang Kali datang mengikuti open house bersama Ibu Gubernur Khofifah di Grahadi.  Prayitno mengaku, baru sekali ini masuk di Gedung Negara Grahadi apalagi bertemu dengan sosok Bu Gubernur.

    Dia mengaku bahwa mengetahui adanya open house dari komunitas becak yang tidak sengaja melintas di depan Grahadi dan ternyata ada open house bagi masyarakat umum. “Allhamdulillah saya bisa ikut open house. Ini baru pertama kalinya datang ke Grahadi dan bertemu dengan Ibu Gubernur. Semoga tradisi ini terus ada di tahun tahun mendatang dan bersapa dengan kami masyarakat dibawah,” jelasnya.

    Baca juga :  Khofifah Ungkap 1.396 Tempat Wisata Di Jatim yang Bisa Dikunjungi 

    Susilo, seorang kakek  berumur 57 tahun mengungkapkan rasa bahagianya dapat mengunjungi Grahadi. Ia mengaku datang bersama lebih dari 10 warga Kapasan Kidul untuk bertemu langsung bersama Gubernur Khofifah.

    “Saya tahu dari tetangga-tetangga kalau ada undangan di sini. Terima kasih, Bu Khofifah, ini pertama kali kami diundang makan dan bisa melihat Grahadi. Senang juga bisa melihat Bu Khofifah,” ujarnya.

    Selain berkesempatan menikmati panganan dan bersua secara langsung dengan Gubernur, masyarakat ini juga dapat oleh- oleh sembako. Yang mana, di dalamnya terdapat bahan pokok seperti beras maupun minyak goreng serta biskuit.

    Memegang amplop dengan sumringah, Rafa (12) mengaku senang bisa diundang masuk oleh Gubernur Khofifah di Gedung Negara Grahadi. “Pertama kali saya kesini, saya senang sekali. Juga senang karena diberi THR oleh Ibu Gubernur,” tandasnya. Masyarakat yang hadir pun juga mendapat satu paket sembako. Adapun sembako yang disediakan oleh panitia yaitu sebanyak 3.056. (sr/min)

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan