Rabu, 24 Juli 2024
27 C
Surabaya
More
    OlahragaAldila Sutjiadi Juara Tenis Ganda Putri WTA 250 Auckland

    Aldila Sutjiadi Juara Tenis Ganda Putri WTA 250 Auckland

    AUCKLAND (WartaTransparansi.com) – Petenis Indonesia asal Jawa Timur Aldila Sutjiadi  berhasil meraih gelar pertama pada musim 2023 dengan memenangi nomor ganda putri turnamen WTA 250 bertajuk ASB Classic di Auckland, Selandia Baru, Minggu (8/1/2023).

    Aldila, yang berpasangan dengan Miyu Kato petenis Jepang, mengalahkan pasangan Leylah Fernandez petenis Kanada dan Bethanie Mattek-Sands petenis Amerika Serikat pada babak final. “Awal tahun yang sangat indah, bisa langsung juara di turnamen pertama musim ini,” ujar Aldila dalam pernyataan tertulis yang dilansir Antara.

    Bukan lawan sembarangan, Fernandez adalah petenis muda 20 tahun yang cemerlang di nomor tunggal, mencuri perhatian saat berhasil finis di posisi kedua tunggal putri US Open 2021. Sementara Mattek-Sands, yang berusia 37 tahun, adalah spesialis ganda sarat pengalaman dengan koleksi sembilan gelar juara ganda Grand Slam. Peraih emas ganda campuran Olimpiade 2016 di Rio de Jainero, Brazil, itu pernah bercokol di peringkat pertama ganda dunia.

    Baca juga :  Etape 3 Kuras Tenaga Sejauh 175,3 KM

    Aldilo/Kato, yang menjadi unggulan ketiga dalam turnamen tersebut, memenangi partai puncak berdurasi satu jam 29 menit itu dengan skor akhir 1-6, 7-5, [10-4]. Gelar juara di Auckland tersebut merupakan koleksi piala kedua Aldila di event WTA 250 setelah memenangi Copa Colsanitas di Bogota, Kolombia bersama petenis Australia Astra Sharma pada April 2022.

    Aldila juga telah mengantongi dua gelar juara WTA 125 di Colina, Chili, dan Tampico, Meksiko. Prestasi di permulaan musim tersebut juga berbuah 280 poin yang akan melambungkan Aldila ke peringkat 37 ganda dunia, melejit 10 tingkat dari posisi saat ini, dan akan menjadi catatan terbaik sepanjang kariernya.

    Pundi-pundinya pun semakin tebal dengan tambahan hadiah 6.220 dollar AS atau sekitar Rp97 juta. Pekan mendatang, Aldila/Kato akan mengikuti turnamen selevel di Hobart, Australia. Duo Aldila/Kato kembali menjadi unggulan ketiga dalam turnamen tersebut, dan telah ditunggu ganda Italia, Elisabetta Cocciaretto/Jasmine Paolini pada babak pembuka, Selasa.

    Baca juga :  Pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri Remehkan Kamboja

    Seperti diketahui, pada POn XX di Papua 2021 lalu, dia berhasil menyabet medali emas tunggal putri yang sekaligus memastikan Jawa Timur sebagai juara umum cabor tenis. Pada PON XX, Jawa Timur berhasil menyapu bersih emas di tujuh nomor yang dipertandingkan dalam cabang olahraga tenis PON Papua. Termasuk juara di beregu putra dan putri. (sr)

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan