Minggu, 16 Juni 2024
30 C
Surabaya
More
    Jawa TimurKediriKirab Bendera Merah Putih di Kota Kediri Semarakkan HUT RI ke-77

    Kirab Bendera Merah Putih di Kota Kediri Semarakkan HUT RI ke-77

    KEDIRI (WartaTransparansi.com) – Menjelang Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77. Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Budaya Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) mengadakan kirab bendera Merah Putih, Selasa (16/8/2022).

    Bendera raksasa berukuran 40×60 Meter diarak dari halaman Balai Kota Kediri di Jalan Basuki Rachmad menuju area Goa Selomangleng.

    Ditengah melandainya covid-19, sejumlah peserta kirab bendera ini terdiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), pemuda dan pemudi Kota Kediri terdiri dari Paskibraka, Hikapala, Karang taruna, Pramuka, PMR serta KNPI Kota Kediri.

    Dalam sambutannya Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar menyampaikan, dirinya sangat senang dengan kegiatan ini. Seluruh pemuda bisa bersatu ikut serta membawa bendera Merah Putih kembali setelah terhenti dua tahun dampak adanya Covid-19.
    ” Insya Allah bendera ini akan bisa dilihat oleh masyarakat besok pagi bertepatan hari kemerdekaan RI ke-77,” ucapnya.

    Baca juga :  Oknum Pemdes Blabak Kab. Kediri Diduga Palsukan Dokumen Tanah dan Tanda Tangan

    Wali Kota yang akrab disapa Mas Abu, mengatakan, selain Pemuda dan pemudi yang mengirab bendera. Sejumlah pimpinan Forkompinda Kota Kediri juga turut memeriahkan acara.

    Tak lupa dirinya meminta agar peserta mempromosikan kegiatan ini melalui media online masing masing. Sekaligus mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam suksesnya kegiatan kirab bendera merah putih 2022.

    ” Saya ucapkan terima kasih kepada adik adik atau pemuda semua dan Forkompinda. Mudah mudahan apa yang kita laksanakan saat ini tercatat sebagai amal ibadah,” tuturnya.

    Sementara itu, Kepala Disbudparpora, Zachrie Ahmad menjelaskan, pihaknya menyelenggarakan kegiatan kirab bendera sebagai bentuk nasionalisme pemuda di Kota Kediri.
    Semata- mata bertujuan agar pemuda pemudi tetap bersemangat, berjuang, berkarya, dan menghargai jasa-jasa pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya untuk negeri tercinta ini.

    Baca juga :  Pemkot Kediri Tanggapi Aduan Masyarakat, Tidak Temukan Kelangkaan LPG

    Antusias masyarakat sangat luar biasa dalam kegiatan tadi, terbukti ratusan masyarakat ikut meramaikan ditengah situasi melandainya covid-19.

    ” Dalam data kami peserta yang ikut sebanyak 250 orang namun dalam perjalanan banyak masyarakat yang turut serta langsung bergabung bersama di barisan kirab bendera,” ujarnya.

    Menurut Zachrie, potongan bendera merah putih berukuran 5×10 meter yang telah dikirab, direncanakan akan disambung dan dibentangkan oleh komunitas pecinta alam Hikapala pada malam hari kemudian, akan berkibar di puncak Gunung Klotok Kota Kediri dengan ukuran 40×60 meter.

    ” Direncanakan nanti bendera akan dinaikkan ke atas pada malam hari oleh pecinta alam yang setiap tahunnya mengibarkan, dan teruji secara fisiknya,” imbuhnya.

    Baca juga :  Polres Kediri Kota Fasilitasi Pernikahan Narapidana

    Lanjut Zachrie menambahkan, dirinya mengajak kepada segenap masyarakat di seluruh Indonesia agar lekas bangkit dalam segala aspek akibat dampak pandemi Covid-19 yang telah melanda kurang lebih 2 tahun.

    ” Mari dalam rangka menyambut HUT RI ke-77. Kita bangkitkan semangat patriotisme dan perjuangan kita untuk menghadapi serta menyambut masa depan yang lebih baik lagi,”pungkasnya. (*)

    Reporter : Moch Abi Madyan

    Editor : Amin Istighfarin

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2022 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan