Senin, 8 Agustus 2022
25 C
Surabaya
More
    WawancaraKonservasi Sumber Mata Air, KNPI Kota Kediri Tanam Ratusan Pohon

    Konservasi Sumber Mata Air, KNPI Kota Kediri Tanam Ratusan Pohon

    KEDIRI (WartaTransparansi.com) – Ratusan anak muda terpilih menjalani kegiatan konservasi sumber air Tretes yang dilaksanakan di Kelurahan Pojok Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Jawa Timur.

    Air merupakan kebutuhan paling dasar dalam kehidupan manusia. Dalam tubuh manusia terdapat kandungan air yaitu 80% anak-anak, 60% dewasa, dan 50% lansia, sedangkan menurut WHO setiap individu membutuhkan air 30 liter sehari, yaitu 10 liter untuk minum dan 20 liter untuk sanitasi.

    Sementara itu, penggunaan air untuk pertanian membutuhkan pasokan air terbesar di dunia, sekitar 70 persen, sebagian besar untuk irigasi, 20 persen industri didominasi oleh energi dan manufaktur, dan 10 persen sisanya untuk rumah tangga.

    Pada tahun 2050, populasi dunia akan bertambah 2 miliar orang dan kebutuhan air akan meningkat 30% dibandingkan saat ini. Bahkan Hari Air Sedunia menyatakan bahwa kurang dari 2,1 miliar orang saat ini hidup tanpa air bersih untuk dikonsumsi, dan sekitar 1,9 miliar orang masih tinggal di daerah air rendah. Pada tahun 2050 jumlah itu diperkirakan akan terus bertambah menjadi sekitar 3 miliar orang.

    Isu soal pelestarian air bukan tugas pemangku kepentingan semata, setiap individu di muka Bumi ini pun juga memiliki tanggung jawab terhadap persoalan global, tak terkecuali pada genererasi muda yang sejatinya adalah penghuni Bumi di masa yang akan datang.

    Isu konservasi air tidak hanya menjadi tugas para pemangku kepentingan, setiap individu di Bumi juga memiliki tanggung jawab terhadap isu-isu global, termasuk generasi muda penghuni Bumi masa depan.

    Atas dasar semangat itu, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Kediri menggelar konservasi sumber air yang mengajak generasi muda terpilih untuk terlibat langsung. Bahkan turut hadir pihak Pemkot Kediri dalam hal ini diwakili oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) dan Dinas budaya Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) dalam mendukung suksesnya kegiatan yang digelar pada, Minggu (26/7/2022).

    Konservasi Sumber Mata Air, KNPI Kota Kediri Tanam Ratusan Pohon

    Berikut wawancara seputar konservasi sumber air oleh wartatransparamsi.com/koran transparansi bersama Ketua KNPI Kota Kediri Reza Darmawan

    KT : Berapa jumlah peserta dan diikuti oleh siapa saja dalam kegiatan konservasi sumber air ?

    Reza Darmawan : Sekitar 150 peserta dari elemen kepemudaan hadir Yang ikut dari seluruh OKP (Organisasi Kepemudaan), dibantu dari teman-teman pelajar SMA, Taruna dan Hang Tua, Pramuka serta Ormas Keagamaan dalam kegiatan konservasi kali ini.

    KT : Apa saja jenis tanaman yang ditanam dalam kegiatan konservasi sumber air ?

    Reza Darmawan : Jenis tanaman yang di tanam yakni pohon Trembesi 200 batang, Mahoni 100 Mangga 50 batang, Bambu 50 batang, Nangka 50 batang.

    KT : Kenapa dipilihnya lokasi kegiatan yang berdekatan dengan kawasan sumber mata air Tretes ?

    Reza Darmawan : Dipilihnya Sumber Tretes di Kawasan Gunung Klotok Kota Kediri sebagai lokasi konservasi secara tidak langsung juga bertujuan untuk mengenalkan salah satu potensi aset daerah yang bisa dikembangkan sebagai destinasi wisata.

    KT : Bagaimana perasaan anda beserta rekan-rekan pengurus KNPI dan kepemudaan ikut serta dalam kegiatan konservasi sumber air kali ini?

    Reza Darmawan : Sebagai warga Kediri saya sendiri baru datang kesini, jadi sangat menarik buat teman-teman untuk liburan. Allhamdulilah respon peserta yang hadir sangat antusias mengikuti kegiatan kali ini.

    KT : Bagaimana kondisi terkini sumber air mata air saat ini?

    Reza Darmawan : Kami tadi juga lihat ke atas, bahwa sumber airnya tidak begitu deras maka perlu pemantauan baik dari masyarakat maupun pemerintah daerah khususnya.

    KT : Apa yang akan dilakukan oleh KNPI menyikapi kondisi sumber mata air Tretes tersebut ?

    Reza Darmawan : Kami akan berkomunikasi dengan Dinas dan PDAM terkait bagaimana agar bisa memaksimalkan sumber air yang ada di atas, sehingga sumber ini sangat penting bagi masyarakat Kota Kediri.

    KT : Selain dilokasi sumber Tretes air, adakah kegiatan serupa yang akan dilakukan kembali ?

    Reza Darmawan : Kami akan mengelar kegiatan secara rutin setiap tahunnya, bila sebelumnya kami telah melakukan konservasi di Sumber Banteng Kota Kediri sebelum pandemi Covid-19, dan kali ini menyasar ke Sumber Tretes di kawasan kaki Gunung Klotok Kota Kediri.

    KT : Apa harapan anda dan pengurus KNPI dalam melaksanakan kegiatan konservasi sumber air kali ini?

    Reza Darmawan : Mari kita bersama merawat dan melestarikan alam dengan penuh tanggung jawab, demi kebaikan kita agar anak cucu kita kelak dapat menikmati indahnya pesona alam yang telah dititipkan oleh Tuhan YME. (Abi)

    Reporter : Moch Abi Madyan

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan