Jumat, 1 Juli 2022
26 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMagetanDikeluhkan Pemeriksaan Hewan Ternak Gejala PMK Bayar 25 ribu

    Dikeluhkan Pemeriksaan Hewan Ternak Gejala PMK Bayar 25 ribu

    MAGETAN (Wartatransparansi.com) – Merebaknya penyakit mulut dan kuku (PMK) membuat banyak masyarakat terutama peternak mengalami kekhawatiran. Apalagi pada ternaknya mengalami gejala PMK. Pemerintah Magetan melalui Dinas Peternakan dan Perikanan telah mengantisipasinya dengan memeriksa ternak dan penutupan sementara pasar hewan.

    Selain itu Disnak Magetan juga telah membuat call center (nomor WhatsApp) gratis buat pengaduan jika masyarakat mengadu jika ternaknya mengalami gejala PMK. Namun muncul kekecewaan masyarakat. Sebab ketika ternak diperiksa dipungut biaya Rp 25.000 per ekornya.

    Seperti yang dialami Agus warga kecamatan Plaosan yang mengadukan jika ternaknya (sapi dan domba) mengalami gejela PMK seperti keluar liur berlebihan dan kuku ternaknya lepas.” Adanya gejala tersebut saya langsung menghubungi call center, direspon akan mengirim mantri ternak untuk memeriksa,” ujar Agus.

    Lebih lanjut Agus menerangkan dalam nomor call center juga disebutkan tarif pelayanan umum pemeriksaan ternak sapi sebesar 25 ribu dan kambing 20 ribu.Selain itu jika pelayanan khusus menyesuaikan jenis diagnosa dan tarif tersebut berlaku pada jam kerja dan sesuai Perda tanpa menyebutkan nomor dan tahun perda.

    “Padahal dalam sosialisasi berupa selebaran dari Disnakan jelas disebutkan tanpa biaya atau gratis,” ujar Agus. Selain itu juga tidak diberikan hasil diagnosa pemeriksaan hewan dan juga tidak diberikan kwitansi bukti pembayaran.

    1
    2
    Reporter : Rudy Ardi
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan