Sabtu, 20 Agustus 2022
24 C
Surabaya
More
    OlahragaKompetisi Musim 2022/2023 Boleh Dihadiri Penonton

    Kompetisi Musim 2022/2023 Boleh Dihadiri Penonton

    SURABAYA (KT) – Terkendalinya pandemi covid-19 membuat PSSI bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) memutuskan memperbolehkan penonton hadir di Stadion menyaksikan kompetisi Liga Indonesia musim 2022-2023. Menurut Direktur Operasional PT LIB Sudjarno karena kompetisi Liga 1 musim depan memberlakukan sistem home away di semua pertandingan.

    Rencananya kompetisi musim 2022/2023 digelar pada 27 Juli 2022, yakni setelah Piala Presiden selesai. Diharapkan kompetisi bisa ontime atau maju sebelum tanggal yang ditentukan. “Jadi format kompetisi new normal ini home away tapi sebelumnya kita verifikasi stadion, salah satunya GBT (Gelora Bung Tomo) ini. Karena rencananya kompetisi digelar 27 Juli mendatang. Kami rencanakan bisa ontime atau maju, mudah-mudahan kick off tidak lepas bulan Juli,” ungkap Sudjarno.

    Baca juga :  Persik Kediri Junior Siap Turun di Kompetisi EPA Musim Ini di Jakarta

    Lebih lanjut dikatakan Sudjarno,  penonton dibolehkan datang ke stadion dalam kompetisi yang akan kembali gelar musim ini. Syaratnya, mereka sudah dua kali vaksin serta bagaimana kondisi PPKM level berapa di kotanya. “Untuk penonton vaksin sesuai edaran dari satgas PPKM Jawa dan Bali, itu bisa dihadiri oleh penonton yang sudah dua kali vaksintanpa menyebut booster. Di sini kan sudah online tiketnya terus juga vaksin dua kali. Ini bisa jadi tolok ukur kita. Format home away yang mengelola klub, LIB nanti evaluasi,” imbuhnya.

    Guna menyambut kompetisi, PSSI dan PT LIB akan menggelar turnamen pramusim musim ini. Turnamen ini diharapkan akan diikuti semua klub Liga 1. Di tahap awal, klub sudah diajak diskusi dengan PT LIB tentang mekanisme dan regulasi, meskipun semua masih tahap awal.

    Baca juga :  Persik Kediri Siap Bekerja Semaksimal Mungkin Melawan PSIS Semarang

    Musim lalu, PSSI dan PT LIB menggelar turnamen pramusim dengan titel Piala Menpora dan berlangsung di 4 stadion di Pulau Jawa. Untuk pramusim ini amat mungkin juga akan berlangsung di 4 kota. Namun, stadion mana yang akan dipakai belum diputuskan oleh PSSI dan PT LIB. ‘’Hari ini saya rapat dengan jajaran LIB untuk membahas beberapa hal. Salah satunya soal turnamen pramusim, Liga 1 dan 2. Sudah ada beberapa hal yang disepakati dan ada yang belum. Kita akan terus matangkan hal ini,’’ kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Rabu (25/5/2022).

    Menurut Iriawan, untuk turnamen pramusim akan diselenggarakan mulai pertengahan Juni hingga pertengahan Juli dengan penonton. Namun, belum diputuskan berapa persen yang boleh masuk stadion termasuk terkait vaksinasi dan booster.

    Baca juga :  Tiba di Jakarta, Timnas U16 Dibanjiri Bonus

    Sedangkan untuk Liga 1 dan 2, Iriawan menambahkan musim ini ada tiga klub dari Liga 2 yang promosi ke Liga 1 dan ada 3 klub juga dari Liga 1 yang degradasi ke Liga 2. ‘’Saya kira Liga 1 dan 2 musim ini akan berjalan seru dan ketat karena sudah diperbolehkan ada penonton. Agar kompetisi berjalan seru,adil, fairplay, dan enak ditonton, PSSI dan PT LIB tetap akan memakai asisten wasit tambahan (asisten wasit ke empat dan kelima) di belakang gawang.’’ (sr)

    Reporter :

    Penulis :

    Editor :

    Redaktur :

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan