Sabtu, 20 Agustus 2022
24 C
Surabaya
More
    Jawa TimurKediriDPRD Kota Kediri Bahas Penambahan Kursi dan Penataan Dapil untuk Pemilu 2024

    DPRD Kota Kediri Bahas Penambahan Kursi dan Penataan Dapil untuk Pemilu 2024

    KEDIRI (WartaTransparansi.com) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kediri, Jawa Timur, kini tengah mengkaji penambahan kursi legislatif berikut daerah pemilihan pada pemilu 2024 menyusul penambahan jumlah penduduk di daerah tersebut.

    Komisi A DPRD Kota Kediri Reza Darmawan, menjelaskan, pihaknya bersama Dispendukcapil telah melakukan rapat bersama berkaitan dengan rencana penambahan jumlah Anggota DPRD pada tahun 2024, seiring bertambahnya jumlah penduduk di Kota Kediri saat ini.

    ” Alllhamdulilah kita pada hari Selasa (5/4/2022) telah melakukan rapat bersama Dispendukcapil Kota Kediri, dengan mendiskusikan berbagai hal yang salah satunya tentang jumlah penduduk kota Kediri yang sudah mencapai 302.523 jiwa. Sehingga menjadi pokok pembahasan menarik bagi kami selaku Anggota DPRD Kota Kediri,” ujarnya, Minggu (10/4/2022).

    Lanjut, Pria yang akrab disapa Bung Reza mengatakan, dimana sesuai dengan Pasal 191 ayat 2 huruf H Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, maka jumlah kursi di DPRD Kota Kediri bisa mengalami penambahan dari saat ini 30 menjadi 35 kursi, dan penataan daerah pemilihan (Dapil), berdasarkan penambahan penduduk terkini.

    Baca juga :  Kepemimpinan Mas Dhito Disebut Masyarakat Sebagai Bupati yang Bisa Menyatu dengan Rakyat

    Untuk itu, pihaknya meminta kejelasan dan kepastian kepada pihak dispendukcapil, data jumlah penduduk agar bisa disinkronkan dengan data di Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI). Sehingga pihaknya selaku lembaga DPRD masih menunggu keputusan terbaru tersebut, yang selanjutnya direncanakan akan melakukan diskusi bersama dengan KPU Kota Kediri.

    ” Sehingga terkait jumlah kursi dewan bisa berkurang atau justru bertambah, kita masih menunggu kepastian dari hasil verifikasi Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan KPU RI,” ungkapnya.

    Hal senada juga di utarakan Kepala Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Kediri, Syamsul Bahri, mengatakan, membenarkan bahwa jumlah penduduk di Kota Kediri telah mengalami peningkatan yakni sekitar kurang lebih 302.000 per hari ini.

    Baca juga :  Bupati Kediri Himbau Masyarakat dalam Sinau Bareng Cak Nun dan Konser Iromo Tresno

    Bahkan KPU Kota Kediri sendiri sudah melakukan koordinasi kepada pihaknya, selaku lembaga penyaji data kependudukan. Setiap enam bulan sekali data kependudukan Kota Kediri selalu ada pembaharuan.

    ” Kira-kira satu bulan yang lalu KPU Kota Kediri telah berkoordinasi dengan kami terkait data kependudukan,” ujarnya.

    Lanjut, Syamsul, menambahkan, dia memperkirakan data kependudukan yang ada saat ini bisa bertambah, dengan indikator adanya siswa yang mulai masuk di beberapa sekolah di Kota Kediri

    ” Biasanya pada Mei akan ada tambahan data kependudukan dari siswa yang masuk sekolah, yang biasanya pindah dari daerah lain,” tutupnya.

    Untuk diketahui, sesuai berita yang pernah dimuat WartaTransparansi.com pada Selasa (15/2/2022). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri telah mewacanakan ada penataan Daerah Pemilihan (Dapil) dalam pemilu serentak 2024 mendatang.

    Baca juga :  Kirab Bendera Merah Putih di Kota Kediri Semarakkan HUT RI ke-77

    Dimana Anggota KPU kota Kediri divisi teknis penyelenggaraan Nia Sari mengutarakan, data yang sekarang dimiliki oleh pihaknya dari Dispendukcapil untuk semester 1 tahun 2021 yakni 292.363 orang.

    Bilamana nanti pada semester dua tahun 2023 jumlahnya mencapai 300.001 orang saja. Sudah memenuhi syarat penambahan 35 kursi yang secara otomatis ada perubahan dapil khususnya di Kecamatan Mojoroto Kota Kediri yang akan dilakukan penataan pada pemilu serentak tahun 2024. (Abi)

    Reporter : Moch Abi Madyan

    Penulis :

    Editor :

    Redaktur :

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan