Kamis, 2 Desember 2021
25 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMagetanBuntut Pandemi Covid-19, 1054 Perkara Masuk PA Magetan, Perceraian Paling Tinggi

    Buntut Pandemi Covid-19, 1054 Perkara Masuk PA Magetan, Perceraian Paling Tinggi

    MAGETAN (WartaTransparansi.con) Dampak Pandemi Covid-19, Pengadilan Agama (PA) Magetan menerima 1054 perkara. Dari jumlah tersebut, kasus perceraian, tercatat paling tinggi yakni 630 kasus. Makin tingginya angka gugatan, setidaknya wanita status janda dan sebaliknya pria duda makin banyak. Masalah ekomomi menjadi pemicu perceraian.

    Dari data perkara yang di pengadilan agama, didominasi oleh gugatan cerai. Dari angka tersebut didominasi angka cerai gugat sebanyak 630 kasus (59,7,%) dan cerai talak 247 (23,4%) sampai dengan akhir Agustus 2021.

    Kepala Panitera Pengadilan Agama (PA) Magetan Syaiful Arifin mengatakan ratusan kasus gugatan cerai di Kabupaten Magetan dimungkinkan akibat Pandemi Covid 19 yang telah terjadi sejak awal 2020 lalu.

    “Banyak faktor penyebab gugatan cerai,” ujar Syaiful Arifin kepada WartaTransparansi.com. Secara keseluruhan perkara cerai menyumbang 83,2% dari total perkara masuk sampai bulan Agustus 2021.

    Selain faktor ekonomi cerai gugat yang mendominasi angka perceraian di Magetan juga disebabkan faktor lain seperti permasalahan lain yang tidak ada akhirnya, seperti perselisihan yang tiada hentinya karena sangkutan orang tua, ekonomi suami yang tidak cukup menurut anggapan penggugat, dan juga gegeran  dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukan suami.” Artinya tidak hanya fokus pada satu masalah saja,” ujar Syaiful.

    Lebih lanjut dijelaskan Syaiful Arifin, jika dibandingkan dengan tahun 2020 di periode yang sama justru mengalami penurunan angka gugatan cerai.Pada akhir Agustus 2020 terjadi gugatan sebanyak 931 kasus, sedangkan pada bulan akhir bulan Agustus 2021 ada 877 gugatan cerai.(*)

    Reporter : Rudy
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan