Selasa, 3 Agustus 2021
30 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMojokertoBupati Ikfina Beri Semangat Sembuh Bagi Pasien Covid 19 RSUD R.A. Basoeni...

    Bupati Ikfina Beri Semangat Sembuh Bagi Pasien Covid 19 RSUD R.A. Basoeni Gedeg

    MOJOKERTO (WartaTransparansi.com) -Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Mojokerto dipimpin Bupati Ikfina Fahmawati, memantau langsung kondisi beberapa pasien korona, yang dirawat di gedung khusus RSUD R.A. Basoeni Kecamatan Gedeg. Upaya ini untuk memberikan motivasi dan semangat kesembuhan bagi pasien yang menjalani perawatan di ruang isolasi covid 19.

    Berbekal APD lengkap serta protokol kesehatan ekstra ketat, Bupati Ikfina yang juga seorang dokter dan psikolog, berusaha mendengarkan seperti apa keluhan yang dirasakan para pasien yang menjalani isolasi di gedung khusus RSUD R.A. Basoeni Kecamatan Gedeg.

    “Meski dalam keadaan serba terbatas untuk berkomunikasi dengan para pasien yang menjalani isolasi di rumah sakit, saya memberi motivasi dan semangat untuk cepat sembuh,” jelas Bupati Ikfina, usai dari ruang isolasi pasien covid-19, Kamis (1/7).

    Masih kata Bupati Ikfina, masyarakat yang terpapar korona harus dirawat dan ditangani secara cepat. Kita harus siap menyelamatkan mereka, meski keterbatasan sarana, seperti bed RS sudah penuh. Jadi kita harus memikirkan solusi terbaik saat ini.

    Baca juga :  Walikota Cairkan Insentif Nakes Penanganan Covid-19 Rp.7,9 M

    “Ada dana desa (DD), itu bisa dimanfaatkan 8% untuk isolasi di desa. Pasien yang tidak bergejala, bisa dirawat oleh satgas di sana, supaya rumah sakit tidak penuh. Sehingga bisa fokus untuk yang bergejala sedang sampai berat,” tegas Bupati..

    Untuk mengatasi kelangkaan bed, Satgas Covid-19 Kabupaten Mojokerto terus mengupayakan berbagai cara. Mulai dari menambah bed, mengoptimalkan puskesmas isolasi, hingga rencana penggunaan gedung diklat Pemerintah Kabupaten Mojokerto di Kecamatan Gedeg untuk dimanfaatkan sebagai tempat isolasi pasien Covid-19.

    Bupati menyebutkan, ada empat ruangan yang bisa dipakai, namun masih perlu pembenahan. Tempat tersebut bias dikondisikan dan dimanfaatkan dengan maksimal sehingga bias layak pakai seperti ruang isolasi di rumah sakit.

    Baca juga :  Walikota Cairkan Insentif Nakes Penanganan Covid-19 Rp.7,9 M

    “Korona ini masalah nasional dan global. Kita harus terbiasa dengan pandemi ini. Mungkin di masa depan, bisa saja berubah jadi endemi. Teman-teman garda depan dan nakes, tetap semangat. Saya titip masyarakat Mojokerto yang datang butuh perawatan, mohon bisa panjenengan tolong semaksimal mungkin,” tutur bupati.

    Selain memantau gedung diklat, bupati juga kembali berkeliling ke beberapa fasilitas layanan kesehatan yang disiapkan untuk tempat isolasi. Antara lain Puskesmas Kupang Kecamatan Jetis dan Puskesmas Tawangsari Kecamatan Trowulan, guna mengevaluasi data dari para surveilans kesehatan.

    Secara terpisah, Direktur RSUD R.A. Basoeni Kecamatan Gedeg, dr. Ulum menjelaskan data pasien hingga akhir Juni (30/06/2021), ada 75 pasien yang dirawat di rumah sakit ini. Terdiri dari 55 orang confirm, 20 orang suspect dan probable, dengan prosentase 80% memiliki komorbid (penyakit penyerta) berusia di atas 50 tahun.

    Baca juga :  Walikota Cairkan Insentif Nakes Penanganan Covid-19 Rp.7,9 M

    Menurt dr. Ulum, penularan covid-191 varian baru ini relatif lebih cepat disbanding yang sebelumnya. Untuk itu upaya pencegahan yang paling ampuh adalah displin dalam Protokol Kesehatan 5M dan masyarakat yang sudah paham saling mengingatkan kepada masyarakat lainnya. Sedangkan bagi masyarakat yang sakit diharapakan segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan Kesehatan terdekat tanpa menunggu kondisi lebih parah.

    “Kepada semua pasien di RSUD ini, saya senantiasa mengingatkan untuk terus menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau hand sanitizier, menghindari kerumunan dan membatasi bepergian atau mobilisasi,” tukas dr. Ulum. (*)

    Reporter : Gatot Sugianto
    Sumber : WartaTransparansi.com
    Foto: Bupati Mojokerto, Ikfina, saat meninjau kesiapan ruang isolasi covid-19 di sejumlah RSU dan Puskesmas di Kab. Mojokerto

    Reporter : Gatot Sugianto
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Editor's Choice

    Jangan Lewatkan