Jumat, 19 April 2024
30 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMojokertoSatgas Donor Plasma Konvalesen Polres Mojokerto Gencar Lakukan Sosialisasi

    Satgas Donor Plasma Konvalesen Polres Mojokerto Gencar Lakukan Sosialisasi

    MOJOKERTO (Wartatransparansi.com) – Satgas Donor Plasma Konvalesen bentukan Polres Mojokerto gencar melakukan sosialisasi sekaligus pencarian pendonor darah kepada anggota dan masyarakat umum khususnya mereka yang sudah sembuh dari paparan covid-19.

    Upaya ini dimaksudkan agar lebih banyak dan cepat memperoleh plasma konvalesen yang efektif menyebuhkan pasien covid-19 yang menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit di Mojokerto, Sabtu, 23-01-2021.

    “Satgas Donor Plasma Konvalesen yang sudah terbentuk sejak Kamis, dua hari lalu, kami tugaskan melakukan gerakan cepat untuk mencari pendonor darah dari pasien covid-19 yang yang sudah sembuh. Dengan cara ini akan bisa lebih banyak dan lebih cepat menyebuhkan pasien covid-19 yang menjlani perawatan di rumah sakit,” jelas Kapolres Mojokerto AKBP Donny Alexander, ditemui usai olahraga, di halaman Mapolres Mojokerto, Sabtu, 23 Januari 2020.

    Baca juga :  Pj. Walikota Mojokerto Ajak ASN Semakin Berdampak Bagi Masyarakat

    Masih kata Kapolres, donor plasma konvalesen sangat efektif untuk membantu proses kesembuhan. Nantinya plasma darah diuji di sidoarjo. Kemudian pihak sidoarjo akan memberi undangan jika plasma konvalensen telah memenuhi syarat. Jadi, nantinya Mojokerto jadi punya Donor Plasma Konvalesen sendiri.

    “Prioritas penerima plasma konvalensen adalah pasien gejala berat dan pasien yang sangat membutuhkan. Karena survey yang telah kita lakukan bersama di Jakarta dan kota besar lainnya plasma konvalensen sangat efektif untuk menyembuhkan pasien postif covid-19, ujar Kapolres Mojokerto.

    Dijelaskan, untuk tahap pertama pada hari ini ada 50 orang yang telah sembuh dari covid-19 mendonorkan darahnya yang nantinya akan diproses untuk pendonoran plasma darahnya. “Untuk tahap kedua, akan kita siapkan posko lagi nanti dengan bekerjasama sama dengan PMI. Demikian juga seterusnya.

    Baca juga :  Pemkab. Mojokerto Beri Penghargaan 262 Relawan Atas Kesigapan Tangani Bencana

    Mekanismenya pendonor plasma ini akan kita cocokkan datanya di Dinas Kesehatan dan diuji di Sidoarjo. Jika memenuhi syarat baru kita donorkan plasma konvalesennya. Mari kita sama-sama membantu sedikit plasma darah kita untuk menyelamatkan nyawa orang lain,” tutup Kapolres Mojokerto. (gia)

    Reporter : Gatot Sugianto

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan