Sabtu, 13 April 2024
30 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMojokertoPercepat Pencairan Bupati Ikfina Launching Kartu Kredit Daerah

    Percepat Pencairan Bupati Ikfina Launching Kartu Kredit Daerah

    MOJOKERTO (WartaTransparansi.com) –Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati melaunching Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD), di ballroom Hotel Aston Mojokerto. Inovasi terbaru ini untuk mempersingkat administrasi dalam pembelanjaan anggaran karena sifat pembayaran yang dipermudah cukup denggan gesek kartu tersebut.

    KKPD sendiri merupakan program dari pemerintah pusat untuk efektifitas belanja daerah yang dalam prosesnya di kabupaten Mojokerto dicanangkan melalui BPKAD (Badan Pengelola Keuangan dan Aset) dan bekerja sama dengan Bank Jatim.

    Bupati Ikfina menyampaikan, kedepannya KKPD ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan efektivitas dan akuntabilitas pemerintah daerah dalam membelanjakan anggaran daerah. Sedangka KKPD ini dinilain bisa mempersingkat administrasi dalam pembelanjaan anggaran karena sifat pembayaran yang dipermudah.

    Baca juga :  Pj. Walikota Ali Kuncoro dan Sekdakot Gaguk Tri Prasetyo Open House di RR

    “Saya lihat KKPD ini bisa mempermudah pemerintah daerah untuk membelanjakan anggaran sesuai kebutuhan, karena KKPD ini sifatnya mempersingkat administrasi, jadi tinggal gesek,” jelas Bupati, Ikfina, Selasa (20/2/2024) pagi.

    “Hati-hati untuk penanggung jawab KKPD di setiap perangkat daerah karena setiap detil pembelanjaan melalui KKPD terekam semua dan tidak bisa dihapus, jadi KKPD ini bisa menjadi benteng untuk pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan akuntabilitas kita kepada masyarakat,”pungkasnya.

    Kepala BPKAD Kabupaten Mojokerto Mieke Juli Astuti mengatakan penerapan KKPD di Pemkab Mojokerto ini akan diuji cobakan kepada 5 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai power project.

    “Untuk power project penggunaan KKPD ada 5 diantaranya Inspektorat, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Inspektorat, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo),” Jelas Kepala BPKAD itu.

    Baca juga :  Pj Wali Kota Mojokerto Sidak Layanan Kesehatan Saat Libur Lebaran

    Nantinya, lanjut Mieke, KKPD juga bisa menjadi sarana untuk memperoleh dana insentif fiskal daerah karena salah satu kriteria untuk mendapatkan insentif fiskal adalah percepatan realisasi belanja APBD yang bisa ditunjang melalui KKPD itu sendiri.

    “Tujuan lain untuk pengaplikasian KKPD ini adalah untuk mendapatkan dana insentif fiskal daerah, karena kriteria untuk mendapatkan insentif fiskal daerah adalah penerapan KKPD,” pungkasnya.

    Diketahui giat launching Kartu Kredit Pemerintah Daerah ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Mojokerto, Seluruh Pejabat Perangkat Daerah Kabupaten Mojokerto dan Perwakilan dari Bank Jatim selaku mitra penerapan KKPD.(*)

    Reporter : Gatot Sugianto

    Sumber : Wartatransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan