Jumat, 24 Mei 2024
31 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaSurvei ARCI, Baihaki : PKB Tertinggi di Jatim dan Tren Golkar Makin...

    Survei ARCI, Baihaki : PKB Tertinggi di Jatim dan Tren Golkar Makin Bagus

    SURABAYA (Wartatransparansi.com) – Direktur Lembaga Survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) Baihaki merilis hasil survei terbaru tentang elektabilitas partai politik di Jawa Timur menjelang Pileg/pilpres Pebruari 2024.

    Dalam paparannya, Minggu (24/12/2023), PKB berada di peringkat pertama, disusul PDIP kedua, kemudian Gerindra ketiga, dan melengkapi 4 besar ada Partai Golkar. Jarak ke-4 partai ini berdekatan.

    “Jadi jarak antar 4 partai ini berada di dalam batas margin of error yakni 3 persen,” kata Baihaki.

    Dalam survei ARCI, elektabilitas PKB berada di angka 16,8%. Kemudian PDIP di angka 16,2%. Gerindra dengan angka 15,5%, dan Golkar dengan 14,9%.

    Baihaki mengatakan, selisih Golkar dengan PKB tidak sampai 2 persen. Hal itu memungkinkan Golkar masih bisa naik ke peringkat pertama meski diperlukan kerja ekstra keras.

    Baca juga :  Kejar WBBM, Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Manokwari Studi Tiru Ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Perak

    Menurut Baihaki, tren Golkar cenderung naik. Salah satu faktornya ialah Golkar meraih coattail effect pencalonan Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres mendampingi Prabowo.

    “Hari ini tren elektabilitas Prabowo-Gibran itu beranjak naik drastis. Nah, tren kenaikan paslon 02 berimbas pada Golkar yang notabene adalah partai pertama yang mendeklarasikan diri mengusung Gibran sebagai cawapres dari Prabowo,” jelasnya.

    “Bisa dilihat angka Golkar di wilayah Mataraman ini naik drastis, di mana Mataraman adalah basis Jokowi yang sempat dikuasai Ganjar lalu kini beralih ke Gibran. Ketika orang mencari tahu Gibran dalam proses cawapresnya, orang akan mengetahui bahwa Golkar adalah partai pertama yang berani mengusung Wali Kota Solo itu,” tambahnya.

    Baca juga :  Pj. Ketua PKK Jatim Isye Adhy Karyono Tutup Lomba Desa & Keluruhan

    Selain itu, Baihaki menyebut tren Golkar perlahan naik juga karena kerja keras kader selama hampir 3 setengah tahun ini.

    “Di bawah komando Sarmuji, Golkar ini partainya gebyar, bikin acara ke mana-mana, sowan ke ulama-ulama NU, Muhammadiyah, hingga LDII. Seakan warga Jatim ini diingatkan memorinya oleh Golkar yang sempat pudar, kini mulai diingat publik. Apalagi, program-program Golkar yang pro rakyat cilik tentu berimbas,” ujarnya.

    “Golkar di segmen anak muda juga mulai ada peningkatan. Selain karena jadi parpol pengusung pertama Gibran, Golkar Jatim ini sering bikin kegiatan yang mendekatkan diri dengan anak-anak muda,” tandasnya.

    Survei ARCI dilakukan pada 10-20 Desember 2023. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.000 responden yang tersebar proporsional di 38 kabupaten/kota Jatim. Survei ARCI memiliki margin of error sebesar 3% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

    Baca juga :  Tahun Depan Mahasiswa Aceh di Surabaya Mulai Tempati Asrama Baru

    Berikut elektabilitas partai politik di Jatim menurut survei ARCI:

    1. PKB 16,8%
    2. PDIP 16,2%
    3. Gerindra 15,5%
    4. Golkar 14,9%
    5. Demokrat 8,4%
    6. NasDem 6,1%
    7. PKS 5,4%
    8. PPP 4,9%
    9. PAN 4,7%
    10. PSI 2,3%
    11. PBB 1,5%
    12. Perindo 1,3%
    13. Hanura 0,5%
    14. Gelora 0,2%
    15. PKN 0%
    16. Partai Buruh 0%
    17. Garuda 0%
    18. Partai Ummat 0%..dan belum menjawab/tidak tahu 1,3% (amin ist)

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan