Selasa, 16 April 2024
29 C
Surabaya
More
    OlahragaKONI Jatim Luncurkan Program Pemusatan Latihan Daerah Proyeksi PON 2024 Aceh

    KONI Jatim Luncurkan Program Pemusatan Latihan Daerah Proyeksi PON 2024 Aceh

    SURABAYA (Wartatransparansi.com) – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur siap meluncurkan program Pemusatan Latihan Daerah proyeksi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh dan Sumatera Utara.

    Puslatda menjelang digelarnya PON XXI 2024 yang rencananya dihelat pada September 2024 mendatang, kumungkinan dimulai pertengahan Januari atau awal Februari 2024.

    “Usai cabang olahraga menggelar babak kualifikasi PON XXI 2024, bisa dikatakan Puslatda 2023 telah berakhir. Dan saat ini atlet sudah dikembalikan ke pengprov masing-masing. Kami berharap mereka tetap berlatih sambil menunggu Puslatda 2024 kita mulai lagi,” kata Direktur Bapel Puslatda KONI Jatim, Dr Irmantara Subagio, M.Kes, Senin 11 Desember 2023.

    Menurut Ibag, sapaan akrab Irmantara Subagio, saat ini KONI Jatim dan Bapel Puslatda sedang mengevaluasi hasil babak kualifikasi PON XXI masing-masing cabor dan mulai memilih dan memilah siapa atlet yang akan masuk dalam Puslatda Jatim 100/2024.

    “Sejak awal sudah kita sampaikan bahwa hanya peraih medali emas dan perak di babak kualifikasi PON XXI yang masuk Puslatda dan nanti berangkat ke Aceh dan Sumut. Artinya hanya atlet yang berpeluang meraih medali saja yang berangkat PON. Namun nanti kita tinjau lagi, kalau memang mereka ada peluang untuk bersaing bisa dipertimbangkan untuk berangkat. Yang jelas Kami ingin nantinya di PON XXI Aceh-Sumut ini, kontingen Jatim benar-benar efektif dan efisien,” tambah Ibag.

    Berdasarkan evaluasi hasil babak kualifikasi atau Pra PON sepanjang tahun 2023 ini. Sekitar 700-an atlet Jatim peraih medali emas, perak dan perunggu di Babak Kualifikasi (BK) PON XXI 2024, ditambah pelatih sekitar 200 dan 45 mekanik bakal masuk dalam Puslatda Jatim 100/2024.

    “Namun jumlah ini belum fix. Bisa bertambah bisa berkurang, kita lihat dan evaluasi lagi sampai akhir Desember ini. Setelah itu awal Januari mungkin sudah bisa ditentukan siapa saja yang masuk Puslatda 2024 untuk PON Aceh dan Sumut,” pungkas Ibag.

    Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumut akan digelar pada September 2024 mendatang. Total ada 67 cabang olahraga yang dilombakan dan dipertandingkan, Aceh akan menggelar 33 cabang olahraga dan 34 caban olahraga lainnya akan dimainkan di Sumatera Utara. (*)

    Reporter : Teguh Safrianto

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan