Minggu, 19 Mei 2024
27 C
Surabaya
More
    NasionalKapolri: Waspada Ancaman dan Konflik di Pemilu 2024

    Kapolri: Waspada Ancaman dan Konflik di Pemilu 2024

    JAKARTA (Wartatransparansi.com) – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengingatkan jajaran Kasatwil Polri untuk waspada terhadap ancaman terorisme dan konflik yang dapat mengganggu tahapan Pemilu 2024. Hal ini disampaikan Kapolri dalam Apel Kasatwil tahun 2023 di Jakarta, Rabu (1/11/2023).

    Disebutkan, bahwa dinamika tantangan global, termasuk perang Israel-Palestina, dapat berimplikasi terhadap meningkatnya kejahatan terorisme. Hal ini harus diantisipasi oleh Polri agar agenda pemilu dan pembangunan dalam negeri dapat berjalan lancar.

    “Menghadapi dinamika tantangan global yang tentunya berimplikasi terhadap meningkatnya kejahatan tertent, beberapa waktu yang lalu dampak dari perang Israel-Palestina, tentunya juga membangkitkan sel-sel yang terafiliasi dengan teroris dan mau tidak mau kita juga tentunya harus waspada,” kata Sigit.

    Dia mengungkapkan, sebelumnya Densus 88 Polri berhasil menangkap 57 orang terkait terorisme di beberapa wilayah Indonesia. Kata sigit, hal ini harus disiapkan langkah-langkah agar agenda pemilu dan pembangunan dalam negeri dapat berjalan lancar.

    Baca juga :  Ketua Komisi l DPR Sebut Belum Ada Naskah Revisi UU Penyiaran yang Resmi

    “57 orang kemarin berhasil diamankan dan tentunya kita terus akan mengambil langkah-langkah, Ini semua menjadi bagian yang harus kita rencanakan, kita persiapkan, sehingga seluruh tantangan yang muncul, seluruh masalah yang muncul dari tahapan pemilu,” ungkapnya.

    Kapolri menjelaskan rapat ini digelar untuk menentukan potensi-potensi kerawanan di setiap tahapan, terkait dengan tahapan yang ada itu sendiri dan terkait dengan situasi global.

    Kapolri Sigit menyebut apel Kasatwil merupakan ajang untuk mempersiapkan personel Polri dalam mengawal dan melaksanakan tahapan pemilu 2023-2024 yang saat ini sedang berjalan.

    “Untuk mempersiapkan personel Polri, baik yang di pusat maupun di daerah, untuk bisa mengawal dan melaksanakan tahapan pemilu yang saat ini memang sudah berjalan, betul-betul bisa berjalan dengan baik,” tandasnya.

    Baca juga :  Ketua Komisi l DPR Sebut Belum Ada Naskah Revisi UU Penyiaran yang Resmi

    Sigit menuturkan apel Kasatwil ini juga untuk melaksanakan program-program yang sudah menjadi agenda nasional dan mengawal program pembangunan di tahun 2023 dan 2024.

    “Di sisi lain, selain tahapan pemilu, kita juga tetap harus melaksanakan program-program yang sudah menjadi agenda nasional, mengawal program-program pembangunan yang harus tuntas di tahun 2023 dan 2024,” katanya.

    Sebagai informasi, ada sejumlah diskusi panel yang digelar dalam Apel Kasatwil 2023. Pada Rabu (1/11/2023), Diskusi Panel I mengangkat tema ‘Penguatan Kepemimpinan Polri bidang Pembinaan dalam Menghadapi Penyelenggaraan Tahapan Pemilu 2024′, dengan narasumber Asrena Kapolri, Aslog Kapolri, Kadiv Propam Polri, dan Kadiv Humas Polri.

    Sedangkan Diskusi Panel II dengan tema ‘Strategi dan Kebijakan dalam Penyelenggaraan Tahapan Pemilu 2024′, menghadirkan narasumber Ketua KPU, Ketua Bawaslu, dan Ketua DKPP.

    Baca juga :  Ketua Komisi l DPR Sebut Belum Ada Naskah Revisi UU Penyiaran yang Resmi

    Selanjutnya pada kamis (2/11/2023), Diskusi Panel III dengan tema ‘Strategi Penguatan Kepemimpinan Polri bidang Pembinaan dalam Menghadapi Penyelenggaraan Tahapan Pemilu 2024′, menghadirkan narasumber yaitu Kabaintelkam Polri, Kabaharkam Polri, Kabareskrim Polri, Dankorbrimob Polri dan Asops Kapolri.

    Diskusi Panel Sesi IV dengan tema ‘Kesiapan dan Strategi Kasatwil dalam Menghadapi Penyelenggaraan Tahapan Pemilu 2024‘, menghadirkan narasumber yaitu Kapolda Aceh, Kapolda Papua, Kapolda Jatim, dan Kapolda Jateng.

    Sementara itu, Diskusi Panel Sesi V dengan tema ‘Kesiapan dan Strategi Kasatwil dalam Menghadapi Konflik dan Penyelenggaraan Tahapan Pemilu 2024‘ dengan narasumber Kapolresta Barelang, Kapolres Pohuwatu, Kapolres Kep. Sula, Kapolres Kapuas Hulu, dan Kapolres Kep. Tambrauw. (*)

    Reporter : Wetly

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan