Rabu, 19 Juni 2024
27 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMojokertoGelar Job Fair 2023 di SMKN 1 Jatirejo, Bupati Mojokerto Ikfina Gandeng...

    Gelar Job Fair 2023 di SMKN 1 Jatirejo, Bupati Mojokerto Ikfina Gandeng 37 Perusahaan

    MOJOKERTO (WartaTransparansi.com) – Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati menggandeng 37 perusahaan untuk menggelar menggelar Job Fair tahun 2023 yang di pusatkan di SMK Negeri 1 Jatirejo, Selasa, (29/8/2023). Upaya ini untuk untuk mengatasi permasalahan ketenagakerjaan khususnya dari kalangan muda yang menyebar di Kab, Mojokerto.

    Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Mojokerto berupaya menghadirkan 37 perusahaan pada pagelaran Job Fair tahun 2023 kali kedua di bualn Agustus 2023 ini, ditargetkan mampu menjaring sedikitnya 1.831 formasi lowongan pekerjaan.

    “Kita bersyukur di Kabupaten Mojokerto banyak perusahaan yang siap menjadi lapangan kerja bagi para pencari kerja, mari kita manfaatkan peluang lowongan pekerjaan ini sesuai formasi dan keahlian yang kita miliki” ungkap Bupati Ikfina, dalam agenda Job Fair, Selasa (29/8).

    Baca juga :  Pemkab Mojokerto Gelar Gus & Yuk Cilik 2024

    Menurut Bupati Ikfina, permasalahan tenaga kerja bukan hanya tanggung jawab pemerintah dalam menyelesaikannya, tetapi menjadi tanggung jawab kita bersama.

    “Masalah ketenagakerjaan ini tidak bisa menjadi masalah pemerintah saja, dunia usaha, lembaga, serta orang tua pun ikut berdebat dalam menyelesaikan permasalahan ini,”jelas Ikfina.

    Anak-anak di usia freshgraduate ini, lanjut Ikfina, merupakan usia-usia produktif yang haus mencari pengalaman kerja. “Skill itu kalah mahal dengan pengalaman kerja, ketika pengalaman kerja kita tinggi, seiring itu juga skill kita juga semakin bagus,” katanya.

    Dijelaskan saat ini Indonesia sedang mendapatkan bonus demografi, dimana lebih banyak usia masyarakat produktif dibandingkan masyarakat posisi yang sudah tidak produktif. Menurutnya, hal ini harus dimanfaatkan dengan baik.
    “Kalau tidak dimanfaatkan, maka begitu kemudian bonus demografi ini lewat, maka kita akan terlewat. Itu akan terjadi kalau kita sama-sama tidak mengupayakan memanfaatkan bonus demografi ini,” katanya.

    Baca juga :  Di Kota Mojokerto: Lengkapi Kota Kuliner dengan Festival Bakar Sate

    Bupati Ikfina berharap, Job Fair 2023 ini bisa mengatasi masalah ketenagakerjaan yang ada di Kabupaten Mojokerto. “Terima kasih semua pihak yang telah bekerja sama untuk menyelesaikan masalah ketenagakerjaan di Kabupaten Mojokerto,” tutupnya.
    Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Mojokerto, Bambang Purwanto menyampaikan, pada Job Fair kali ini tidak hanya diikuti pencari kerja dari Kabupaten Mojokerto saja, tetapi juga pencari kerja dari daerah sekitar.

    “Data pencari kerja yang hadir di Job Fair ini, terakhir kami catat sebanyak 7 ribu lebih pencari kerja. Sekitar tiga ribu pencari kerja dari Kabupaten Mojokerto, dan empat ribu lebih dari luar Kabupaten Mojokerto,”tukas Bambang.(*)

    Reporter : Gatot Sugianto

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan