Jumat, 24 Mei 2024
31 C
Surabaya
More
    EkbisSurabaya Great Expo 2023 Kembali Digelar, Target Transaksi Rp 7,5 M 

    Surabaya Great Expo 2023 Kembali Digelar, Target Transaksi Rp 7,5 M 

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) –  Surabaya Great Expo 2023 kembali digelar. Tahun ini ditempatkan di Exhibition Hall Grand City Surabaya selama 5 hari, mulai Rabu hingga Minggu (16-20/8/2023).

    Pameran Nasional itu diprakarsai Pemerintah Kota Surabaya bersama PT. Debindo Mitra Tama. Untuk tahun ini, transaksi ditarget mencapai Rp 7,5 miliar, dan pengunjung juga ditarget sebanyak 27 ribu selama pameran.

    Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan Kota Surabaya, Dewi Soeriyawati mengatakan,  Surabaya Great Expo (SGE) 2023 merupakan pameran multi produk mulai dari sektor industri, perdagangan, investasi, pariwisata, perbankan, dan produk unggulan UMKM.

    Pamerannya digelar rutin. Tahun ini merupakan pameran yang ke 12 kalinya di Surabaya. Event spektakuler melibatkan berbagai pihak ini mengusung tagline “UMKM Kuat, Surabaya Hebat”.

    “Nah, fokus kita tahun ini untuk mendukung program Padat Karya Kota Surabaya, menampilkan produk unggulan bagi peserta SGE, dan gelar produk UMKM bagi peserta SGE,” kata Dewi di ruang kerjanya, Senin (14/8/2023).

    SGE, lanjut Dewi, juga disemarakkan “Pesta Kuliner ala Surabaya Great Expo” yang berada di area Amusement Grand City Surabaya. Area ini menampilkan berbagai jajanan hingga makanan pilihan. Ada pula “Bazar Murah UMKM Surabaya” sebagai bentuk dukungan kepada para UMKM dalam memperkenalkan dan meningkatkan penjualan produk mereka.

    “Pameran ini untuk membangun serta mewujudkan ikon Kota Surabaya di bidang pameran perdagangan berskala nasional, sekaligus menciptakan Surabaya sebagai sentra promosi dan bisnis di wilayah Indonesia Timur,” ujar Dewi.

    Selain itu, tujuan pameran ini untuk mengembangkan dan menciptakan peluang-peluang baru investasi perdagangan dan jasa di dalam membangun kecintaan pemakaian produk dalam negeri. Juga untuk memberikan apresiasi terhadap produk usaha pelaku UKM khususnya dalam rangka pengembangan jaringan pemasaran produk lokal ke skala pasar nasional maupun global.

    Sementara itu, Project Manager PT Debindo Mitra Tama, Tomi Redianto memastikan, SGE tahun ini akan lebih meriah karena kepesertaannya lebih maksimal dibanding tahun lalu. Peserta pameran ini berasal dari Perangkat Daerah (PD) di Pemkot Surabaya, PD dari Jawa Timur, dan juga PD dari luar Jawa Timur.

    “Bahkan, nanti juga ada peserta yang dari luar jawa, yaitu dari Tabanan dan Kota Makasar,” jelas Tomi.

    Selain itu, tahun ini juga ada wisata kuliner di area outdoor, tepatnya di sebelah timur gedung. Bahkan, nanti juga akan ada 3 panggung yang setiap harinya tidak akan pernah sepi acara karena akan ada sekitar 50 acara selama pameran, mulai dari seminar nasional, talkshow, pelatihan, lomba-lomba, ada penampilan musik dan budaya, serta akan ada doorprize dan grand prize.

    “Soal transaksi, kami target Rp 7,5 miliar dan pengunjungnya  27 ribu. Target ini melebihi tahun lalu yang transaksinya Rp 5 miliar dan pengunjung 25 ribu,” katanya.

    Tomi yakin bisa mencapai target tersebut karena pesertanya lebih maksimal dan acaranya lebih meriah. Apalagi, pada hari terakhir pameran juga bertepatan dengan acara hari ulang tahunnya Bank Jatim yang pesertanya sekitar 3.800 undangan. Mereka akan ikut memeriahkan SGE di tanggal 20 Agustus 2023 itu.

    SGE dibuka mulai pukul 10.00-21.00 WIB. Diikuti oleh 75 peserta yang menempati 162 stand. Menampilkan berbagai informasi dan potensi dari berbagai sektor, baik jasa, layanan masyarakat, dinas, lembaga, jasa perbankan, produk industri besar menengah dan kecil meliputi produk olahan hasil pertanian, perkebunan, pariwisata, hasil olahan kulit, kerajinan, batik, kosmetik, industri makanan – minuman olahan, dan lain-lain. (*)

    Reporter : Wetly

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan