Minggu, 19 Mei 2024
27 C
Surabaya
More
    LapsusMenuju Pilpres 2024Ketua Golkar Jatim Sarmuji : Ada Faktor Presiden Jokowi Dibalik Usulan Dukung...

    Ketua Golkar Jatim Sarmuji : Ada Faktor Presiden Jokowi Dibalik Usulan Dukung Prabowo

    JAKARTA (Wartatransparansi.com) – Mayoritas Ketua DPD Golkar Provinsi se Indonesia mengusulkan kepada Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto agar Golkar merapat ke Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

    Ada banyak alasan mengapa Golkar mendukung Prabowo Subianto sebagai presiden pada tahun 2024 nanti. Menurut Ketua DPD Golkar Muhammad Sarmuji, bagi Golkar, ketua umum Partai Gerindra Prabowo adalah keluarga besar Golkar.

    Hal kedua, ada faktor Presiden Joko Widodo (Jokowi) di balik usulan itu.

    “Sebenarnya usulan DPD bervariasi tetapi prinsip dasarnya yang hampir jadi suara bersama adalah melihat arah politik Pak Jokowi. Kalau Pak Jokowi arahnya ke Pak Prabowo kami mengusulkan ya ke Pak Prabowo,” kata Sarmuji saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (31/7/2023).

    Ditegaskan oleh Sarmuji jika Jokowi mengarahkan dukungan ke Prabowo, maka mayoritas akan ikut usul ke DPP Partai Golkar untuk merapat ke Prabowo.

    Dia menyampaikan sebetulnya usulan tersebut juga sudah sesuai dengan mandat Airlangga Hartarto terkait arah koalisi. Menurutnya, usulan tersebut tentunya harus tetap dibawah ke forum yang lebih resmi.

    “Sebenarnya sudah ada keputusan resmi mulai munas, rapimnas, dan rakernas, yang memberi mandat kepada ketua umum untuk menentukan arah koalisi. Jadi yang memberi kata putus adalah ketua umum. Tetapi kalaupun dibawa ke forum resmi menjadi lebih baik. Beliau menerima semua usulan dan pasti akan ditimbang mana yang paling baik untuk partai,” ujar dia.

    Ketua Golkar DPD 1 Kalimantan Barat Maman Abdurrahman mengungkapkan pertemuan Airlangga dan jajaran Golkar berlangsung di Bali.

    Salah satu yang dibahas dalam pertemuan tersebut yakni terkait penolakan wacana Munaslub. Selain itu, muncul juga dorongan dari mayoritas pengurus Golkar daerah tingkat 1 untuk merapat mengusung Ketum Gerindra Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

    “Pertemuan dengan 38 Ketua DPD 1 seluruh Indonesia di Bali kemarin dengan Ketua Umum, selain membicarakan terkait penolakan Munaslub juga di dalam diskusi santai dan informal sebagian besar suasana kebatinan beberapa DPD 1 mendorong agar Golkar bisa berkoalisi dengan Gerindra,” kata Maman Abdurrahman, Minggu (30/7). Namun, Maman tidak merinci berapa DPD 1 Golkar yang mengusulkan hal tersebut.

    Lebih lanjut, Maman mengungkapkan alasan sejumlah pengurus mendorong Golkar berkoalisi dengan Gerindra. Maman menyebutkan latar belakang politik Prabowo yang pernah di Golkar.

    “Dikarenakan Pak Prabowo kan pernah di Golkar dan di pilpres tahun 2014 Golkar pernah berkoalisi mendukung Pak Prabowo,” tuturnya.

    Tidak hanya itu, menurut jajaran DPD Golkar, elektabilitas Prabowo juga signifikan. Ditambah lagi secara elektabilitas Pak Prabowo menurut kawan-kawan DPD 1 Golkar cukup mentereng dan signifikan,” ujarnya. (*)

    Reporter : Amin

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan