Selasa, 21 Mei 2024
32 C
Surabaya
More
    InternasionalMuhadjir Dampingi Presiden Jokowi Bertemu Presiden Xi Jinping

    Muhadjir Dampingi Presiden Jokowi Bertemu Presiden Xi Jinping

    CHENGDU (Wartatransparansi.com) – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mendampingi Presiden Joko Widodo pada pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping yang diselenggarakan di Hotel Jinniu, Chengdu, Kamis, (27/07/2023).

    Presiden Jokowi mengatakan, RRT merupakan mitra dagang dan investasi terbesar bagi Indonesia. Dia mengaku akan membahas sejumlah agenda dengan Xi Jinping. Antara lain bidang investasi maupun berbagai proyek strategis Indonesia dan RRT. Selain itu, juga di bidang perdagangan dan kesehatan serta isu-isu regional dan global.

    “Saya sangat mengapresiasi dukungan Tiongkok untuk keketuaan Indonesia di ASEAN dan sentralitas ASEAN dalam arsitektur regional yang inklusif untuk menjaga kawasan Indo-Pasifik agar tetap damai, stabil, dan sejahtera,” ucap Jokowi.

    Baca juga :  Pj. Gubernur Jatim Adhy Karyono Kunker ke Jepang Gali Penanganan Bencana

    Lebih lanjut, Presiden juga menyebut bahwa Indonesia dan Tiongkok telah berhasil menciptakan kemajuan yang nyata atas sejumlah kerjasama, utamanya sejak penyelenggaraan G20 Bali tahun lalu.

    “Saya senang banyak kemajuan konkret sejak pertemuan kita di Bali November lalu,” tandasnya.

    Presiden dan Ibu Iriana tiba di Hotel Jiniu sekitar pukul 16.20 waktu setempat. Setibanya di sana, Presiden dan Ibu Iriana kemudian disambut langsung oleh Presiden Xi Jinping dan Madam Peng yang kemudian dilanjutkan melaksanakan foto bersama dengan latar bendera dari masing-masing negara.

    Berdasarkan keterangan tertulis Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Jumat (28/7/2023), di hari kedua kunjungan, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi akan melaksanakan serangkaian kegiatan antara lain makan siang bersama Xi Jinping dan para pemimpin negara lainnya.

    Baca juga :  Pj. Gubernur Jatim Adhy Karyono Kunker ke Jepang Gali Penanganan Bencana

    Jokowi diagendakan akan bertemu dengan sejumlah pebisnis Tiongkok yang akan digelar di Hotel Shangri-La Chengdu. Sementara itu, Iriana diagendakan untuk mengunjungi tempat pembiakan panda di Chengdu Research Base of Giant Panda Breeding.

    Usai menghadiri jamuan santap siang, Jokowi dijadwalkan bertemu dengan atlet Indonesia yang akan bertanding dalam gelaran FISU World University Games untuk memberikan semangat kepada mereka.

    Pada malam harinya, Jokowi dan Iriana akan menuju Dong’an Lake Sport Stadium untuk menghadiri upacara pembukaan FISU World University Games sebelum akhirnya bertolak kembali menuju Jakarta.

    Selain Menko Muhadjir, turut pula mendampingi Presiden Jokowi antara lain, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono, dan Duta Besar RI untuk RRT Djauhari Oratmangun.(*)

    Reporter : Anwar HD

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan