Minggu, 19 Mei 2024
27 C
Surabaya
More
    NasionalKuota Haji 2024 Ditetapkan 221 Ribu, Arab Saudi Berlakukan Aturan Baru

    Kuota Haji 2024 Ditetapkan 221 Ribu, Arab Saudi Berlakukan Aturan Baru

    JAKARTA (WartaTransparansi.com) – Pemerintah Arab Saudi menetapkan kuota jemaah haji untuk Indonesia di tahun 2024 sebanyak 221 ribu. Selain itu, Arab Saudi juga memberlakukan aturan baru bagi semua negara pengirim jemaah haji.

    Menurut Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief di Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Rabu (19/7/2023), langkah cepat penetapan kuota haji oleh Arab Saudi, bisa berdampak positif bagi Indonesia.

    “Dulu kuotanya baru Januari. Nah, sekarang baru selesai haji sudah langsung diumumkan. Nah, insyaAllah persiapannya bisa lebih baik,” kata Hilman Latief.

    Dikatakan, Pemerintah Arab Saudi memberlakukan aturan baru bagi semua negara pengirim jemaah haji. Negara mana pun yang bisa menyelesaikan semua kontrak, bisa memilih maktab saat puncak haji di Arafah, Mina, dan Muzdalifah.

    Baca juga :  Ketua Komisi l DPR Sebut Belum Ada Naskah Revisi UU Penyiaran yang Resmi

    Ini bisa menjadi peluang besar bagi Indonesia untuk memilih maktab terdekat dengan Jamarat. Sebab, selama ini Indonesia mendapat maktab yang cukup jauh terutama di Mina.

    Maktab Indonesia terdekat dengan Jamarat berjarak 3 km dan terjauh 7 km. Artinya, jemaah harus menempuh jarak 6 km-14 km saat melontar jumrah. Itu tentu berat bagi jemaah lansia ditambah dengan cuaca yang sangat panas.

    Hilman menilai, penentuan kontrak dan berbagai perjanjian lainnya terkait dengan penyelenggaraan haji selalu dimulai dari kuota yang ditetapkan Arab Saudi. Dengan begitu persiapan lebih baik.

    “Artinya semua negara diminta untuk mempersiapkan lebih panjang lebih baik lebih matang, karena semua itu bisa bergerak kalau ada kuota,” katanya. (*)

    Reporter : Wetly

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan