Kamis, 18 April 2024
31 C
Surabaya
More
    NasionalPresiden Jokowi: Berkat Pancasila, Dunia Terima Kepemimpinan Indonesia

    Presiden Jokowi: Berkat Pancasila, Dunia Terima Kepemimpinan Indonesia

    JAKARTA (Wartatransparansi.com) –Presiden Joko Widodo hari ini Kamis (1/6/2023) memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang di laksanakan di monumen nasional, Jakarta.

    Turut hadir Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa’adi, Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Sukarnoputri, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Yudo Margono, jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju, serta jajaran pimpinan lembaga legislatif dan yudikatif.

    Rangkaian diawali dengan pertunjukan Marching Band, pengibaran bendera Merah Putih, pembacaan teks Pancasila oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo, pembacaan teks Pembukaan UUD 1945 oleh Ketua DPR Puan Maharani,

    Jokowi dalam amanatnya mengingatkan bahwa semua anak bangsa harus bangga dengan Pancasila sebagai ideologi negara. “Ideologi Pancasila membuat kepemimpinan Indonesia diterima dan diakui dunia. Presidensi G20 yang telah sukses dilaksanakan, ke-Ketua-an ASEAN tahun ini, merupakan bukti nyata bahwa Pancasila bukan hanya utama untuk Indonesia, tetapi juga sangat relevan untuk dunia,” ujar Jokowi.

    Baca juga :  Menko Muhadjir Cek Kesiapan Arus Balik di Sejumlah Titik Penyeberangan

    Sesuai dengan tema peringatan kali ini, “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”, Jokowi turut mengajak dan menjadikan momen peringatan ini untuk memegang teguh nilai-nilai Pancasila. “Toleransi, persatuan, dan gotong royong sebagai kunci membangun bangsa yang kokoh,” demikian sambung Jokowi.

    Lebih lanjut sebagai pengamalan nilai-nilai Pancasila, Jokowi turut mengajak seluruh elemen bangsa untuk menolak ekstrimisme, politisasi identitas, dan politisasi agama dalam menyambut Pemilu tahun 2024. (din/min)

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan