Minggu, 16 Juni 2024
30 C
Surabaya
More
    Politik PemerintahanAries Agung Paewai Ditunjuk Sebagai Pj Wali Kota Batu

    Aries Agung Paewai Ditunjuk Sebagai Pj Wali Kota Batu

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Mendagri Muhammad Tito Karnavian melalui SK Mendagri Nomor 100.2.1.3 – 6344 Tahun 2022 Tentang Pengangkatan Penjabat Wali Kota Batu, akhirnya menetapkan Aries Agung Paewai S.STP MM sebagai Pj Walikota Batu.

    Dengan pengangkatan itu, menjadi akhir teka-teki siapa Penjabat (Pj) Wali Kota Batu periode 2022-2024 yang bergulir sejak 14 Nopember 2022 lalu. “Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal pelantikan. Masa jabatan wali kota paling lama satu tahun sejak tanggal pelantikan,” tulis Tito Karnavian dalam SK-nya tertanggal 27 Desember 2022 lalu.

    Tito menambahkan, Wali Kota Aries memiliki kewenangan penuh sebagaimana wali kota definitif sebelumnya. Di antaranya, pengisian jabatan dan mutasi pegawai. Selain itu bisa membatalkan perizinan yang sudah ditetapkan oleh walikota sebelumnya dan mengeluarkan perizinan yang sifatnya berbeda dengan pejabat sebelumnya.

    Baca juga :  Pj. Gubernur Dukung Roadshow Bus KPK 2024: Upaya Preventif Pendidikan Anti Korupsi

    “Untuk rancangan peraturan daerah (Perda) dan Rancangan Peraturan Kepala Daerah (Perkada) harus melalui persetujuan menteri dalam negeri,” beber Tito.

    Di sisi lain, jika tidak ada perubahan mendasar, Aries Agung Paewai akan dilantik secara resmi sebagai Pj Wali Kota Batu oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Kamis, 19 Januari 2023 pukul 16.30 Wib. Pelantikan akan digelar di Gedung Grahadi Surabaya.

    “Pelantikan menyesuaikan jadwal bu gubernur. Insya Allah, Kamis sore pak Aries Agung Paewai akan dilantik,” ujar pejabat di pemprov Jatim, Selasa siang. (*)

    Reporter : Samuel Ruung

    Editor : Amin

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan