Rabu, 24 Juli 2024
27 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaPDI Perjuangan Surabaya Gerakkan Warga Suka Menanam

    PDI Perjuangan Surabaya Gerakkan Warga Suka Menanam

    SURABAYA (Warta Transparansi.com) – Kader PDI Perjuangan Surabaya terus melakukan kerja-kerja kerakyatan. Hal ini dilakukan di pemukiman RT 01 RW 05 Kelurahan Kendangsari.

    Kader PDI Perjuangan bersama PKK dan KMS telah membagikan tanaman konsumsi ke rumah warga untuk ditanam, Minggu (25/12/2022)

    Wakil Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya Anas Karno menyatakan, aksi membagikan tanaman konsumsi yang diantaranya cabe, adalah salah satu upaya mendorong peran serta masyarakat, untuk menciptakan swasembada pangan.

    “Kita berharap dari kegiatan membagikan tanaman cabe ini, menjadi motivasi warga, supaya mampu dan mandiri memenuhi kebutuhan dapurnya sehari-hari.

    Wakil Ketua Komisi B DPRD Surabaya ini mengatakan, kegiatan tersebut menjadi embrio untuk dikembangkan menjadi sarana wisata dan edukasi pertanian.

    Baca juga :  SWL Akan Dibangun Dipesisir Timur Surabaya

    “Selain warga bisa mengerti dalam hal pertanian, warga bisa mengembangkan menjadi sarana wisata dan edukasi tentang pertanian sehingga mampu meningkatkan ekonomi secara bersama-sama,” jelasnya.

    Sementara itu, Pembina Karya Muda Sejahtera (KMS), Cak Dul, mengatakan, kegiatan membagikan 4 polybag tanaman cabe untuk tiap rumah tersebut, juga mengajak masyarakat melestarikan bumi dengan menanam, khususnya tanaman konsumsi.

    “Melalui kegiatan di kampung, kita berharap, kota Surabaya menjadi barometer dalam hal urban farming. Kita sudah ada tujuh kota yang menggerakkan program 4 polybag ini,” katanya

    KMS merupakan kelompok pegiat sosial melalui pelestarian lingkungan, yang digerakkan para milenial di Surabaya. Mereka aktif memberikan edukasi kepada masyarakat tentang manfaat tanaman untuk konsumsi.

    Baca juga :  Kisruh di PWI Pusat, Puluhan Wartawan Jatim Tuntut KLB

    Ditempat yang sama, ketua PKK Kendangsari, Widya menyambut baik kegiatan pembagian tanaman cabe di polybag tersebut. Ia juga berharap kegiatan ini bisa menjadi motivasi bagi warga untuk bergerak dan peduli menanam tumbuhan lainnya.

    “Gerakan satu rumah empat polybag ini semoga bisa menggerakkan warga sehingga lebih peduli terhadap lingkungan,” ungkapnya.

    Widya mengatakan, pembagian tanaman cabe di polybag sangat membantu warga, karena mereka akan mencukupi kebutuhan memasak didapurnya sendiri.

    “Ini yang kita bagikan adalah bibit cabe, dimana dimasa tertentu harga cabai akan naik, tetapi dengan memiliki tanaman cabai sendiri warga bisa lebih tenang,” pungkasnya.(*)

    Reporter : Sumardji

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2022 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan