Rabu, 24 Juli 2024
27 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMojokertoBeralih Siaran TV Digital, Pemkot Mojokerto Salurkan 2.010 STB Untuk Warga Tak...

    Beralih Siaran TV Digital, Pemkot Mojokerto Salurkan 2.010 STB Untuk Warga Tak Mampu

    MOJOKERTO (WartaTransparansi.com) – Pemkot Mojokerto menyalurkan 2.010 STB (Set Top Box) kepada warga (rumah tangga) kurang mampu yang menyebar di 18 kelurahan Kota Mojokerto. Upaya ini dimaksudkan agar warga tidak kesulitan dan keberatan untuk membeli STB sehingga bisa menikmati siaran TV di rumahnya, sejak Kota Mojokerto menjadi salah satu wilayah di Jawa Timur yang melaksanakan Analog Switch Off (ASO).

    Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mojokerto Santi Ratnaning Tias menyampaikan bahwa pelaksanaan ASO sesuai dengan hasil kesepakatan dalam Rapat Koordinasi Kemenkominfo. Bahwa semua siaran TV Analog di Kota Mojokerto akan dimatikan mulai hari ini Selasa, 20 Desember 2022 Pkl 24.00 WIB.

    Baca juga :  Program GEMOY Cara Bupati Ikfina Perangi Judi Online Dikalangan Pelajar

    “Kami sudah sampaikan bagi masyarakat yang belum menggunakan pesawat televisi digital, bisa menambahkan Set Top Box (STB) agar tetap bisa menikmati siaran televisi. Sedangkan rumah tangga yang kurang mampu di kota Mojokerto untuk bisa memperoleh/mendapatkan alat STB gratis tersebut, sudah kami data dan kami salurkan sesuai data,” jelas Santi Ratnaning Tias, ditemui di Kantornya, Kamis (22/12/2022) petang.

    Dijelaskan bahwa ASO per 20 Desember 2022 tidak hanya dilaksanakan di Kota Mojokerto tetapi secara serentak di wilayah Jatim-1, yaitu Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Jombang, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Gresik, Kabupaten Bangkalan, Kota Pasuruan dan Kota Surabaya.

    Dengan demikian lanjut Santi Ratnaning, masyarakat di 10 daerah tersebut akan mendapatkan siaran digital sepenuhnya, oleh karena itu kami sampaikan bagi masyarakat yang belum menggunakan pesawat televisi digital, bisa menambahkan Set Top Box (STB) untuk tetap bisa menikmati siaran televise.
    Dijelaskan, untuk persiapan ASO ini, Pemerintah Kota Mojokerto menyalurkan 2.010 STB kepada rumah tangga kurang mampu, yang masuk dalam data sasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) sejak 25 November 2022 lalu.

    Baca juga :  Menuju Indonesia Emas, Disdikbud Kota Mojokerto Lakukan Praktek P5 Guru SMP

    “Data terakhir sudah 1.784 STB telah tersalurkan kepada warga miskin yang tersebar di 18 kelurahan se-Kota Mojokerto, sedangkan sisanya disalurkan pada warga kurang mampu yang masuk daftar menunggu giliran berikutntya”jelas Santi.

    Seperti diketahui, sejak 2 November 2022, Kemenkominfo RI telah melakukan penghentian siaran TV Analog secara bertahap di seluruh wilayah di Indonesia. Melalui TV digital, masyarakat akan mendapat manfaat berupa kualitas siaran gambar dengan resolusi tinggi dan suara yang lebih jernih. (*)

    Reporter : Gatot Sugianto

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2022 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan