Rabu, 30 November 2022
27.2 C
Surabaya
More
    OlahragaAndre Gaspar, Pelatih Baru Borneo FC Pernah Setim dengan Bek Bhayangkara

    Andre Gaspar, Pelatih Baru Borneo FC Pernah Setim dengan Bek Bhayangkara

    SAMARINDA (WartaTransparansi.com) – Andre Gaspar resmi ditunjuk sebagai pelatih baru Borneo FC untuk mengarungi sisa kompetisi Liga 1 2022, Selasa (27/9/2022). Pemilihan Andrea Gaspar tak lepas dari keputusan Borneo FC yang memilih memberhentikan kerja dari Milomir Seslija.

    Profil dan rekam jejak Andre Gaspar dinilai cukup mentereng guna membesut Matheus Pato dkk. Uniknya lagi, Andre Gaspar memiliki benang merah dengan bek asing milik Bhayangkara FC, Anderson Salles. Pemilik nama asli Andre Luis Alves Santos ini merupakan juru taktik kelahiran Santos, Brasil 16 November 1972. Artinya, pelatih yang kini mengantongi lisane UEFA Pro ini telah berusia 49 tahun.

    Berdasarkan rangkuman dari laman Transfermarkt, menangani klub Asia bukan kai pertama dilakukan Andre Gaspar. Dia memulai karier kepelatihannya dengan membesut klub asal Brasil, Bragantino (RB Bragantino). Terhitung dari tahun 2008 hingga 2012, dia bertanggung jawab atas skuatnya tersebut. Sebelum akhirnya pada edisi 2012 hingga 2014 dialihkan tugas menjadi Sporting Director.

    Baca juga :  Neymar Jadi Korban Kemenangan Brazil Atas Serbia

    Andre Gaspar mulai mengepakkan sayapnya di Asia sejak tahun 2015. Saat itu dia menjadi asisten pelatih di Daegu FC, klub asal Korea Selatan. Dua tahun berselang, dia naik kelas menjadi pelatih kepala di Daegu Reserves.

    Andre Gaspar kemudian menangani tim utama Daegu FC pada musim 2017 hingga 2020. Setelah itu dia melanjutkan karier di Arab Saudi bersama Al-Hazem. Baru setelah menghabiskan kontraknya bersama klub asal Arab Saudi ini, Andre Gaspar menerima pinangan Borneo FC.

    Namun siapa yang menyangka, Andre Gaspar dan bek Bhayangkar FC, Anderson Salles, pernah berada di tim yang sama. Tepatnya pada musim 2009, Anderson Salles bergabung ke Bragantino dari Santos FC.

    Baca juga :  Persebaya Isyaratkan Bakal Rekrut George Brown

    Saat itu Andre Gaspar masih menjadi pelatih klub asal Brasil ini. Dilansir dari laman resmi Borneo FC, Andre Gaspar memiliki CV mentereng di Liga Champions Asia. Bahkan tim dia sebelumnya Daegu FC sukses dia bawa menjadi juara Korean FA Cup di tahun 2018 sekaligus menjadi gelar satu-satunya tim yang identik dengan warna biru ini. “Pengalaman dan sederet prestasi dia di Korea Selatan menjadi modal berharga untuk bisa membawa Borneo FC lebih dari yang sudah dicapai musim ini,” ujar Presiden klub Borneo FC, Nabil Husien.

    “Selamat bertugas untuk Andre Gaspar, selamat datang di keluarga Borneo FC Samarinda,” pungkasnya. (sr)

     

     

    Baca juga :  Tiga Tim Pastikan Lolos Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

     

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan