Selasa, 27 September 2022
25 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaKasus HIV Meningkat di Kota Surabaya

    Kasus HIV Meningkat di Kota Surabaya

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Kasus Human Immunodeficiency Virus atau HIV di Kota Surabaya, meningkat. Tahun 2022 ini, kelompok pekerja adalah usia yang paling rentan terkena virus berbahaya tersebut.

    Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Nanik Sukristina, SKM.,M, saat ini kasus HIV di Surabaya naik mencapai 334 kasus yang didominasi para usia pekerja. Total yang sudah terkena HIV, sebanyak  1.026 orang yang tersebar di wilayah Surabaya.

    Dijelaskan,  di tahun 2021, rentan usia terkena HIV berada di usia Mahasiswa. Namun, di tahun 2022, HIV menyasar para pekerja dengan rentang usia 29-40 tahun.

    Untuk mencegah penyebaran HIV, Nanik mengatakan bahwa pihaknya telah mendapatkan bantuan obat Antiretroviral ARV dari pemerintah pusat atau Kementerian Kesehatan.

    Baca juga :  Nama Sekda Kota Surabaya Dicatut Penipu

    Obat tersebut didistribusikan ke 13 puskesmas dan 10 rumah sakit yang ada di Surabaya.

    “Tidak semua puskesmas mendapatkannya. Hanya puskesmas tertentu yang kita tunjuk untuk terapi pasien HIV/AIDS,” katanya, Kamis (22/9/2022).

    Meski begitu, lanjutnya, pihaknya terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan yang tak hanya pembangunan fisik ditingkatkan. Sebab, dalam menyelesaikan masalah kesehatan di Kota Surabaya, tidak bisa hanya dilakukan Pemkot Surabaya, tetapi bersama dengan pihak-pihak terkait. (*)

    Reporter : wetly

    Sumber : WartaTransparansi

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan