Sabtu, 22 Juni 2024
28 C
Surabaya
More
    PendidikanPerdana Program Studi Administrasi Publik Umsida, Gelar Kompetisi Video Pajak

    Perdana Program Studi Administrasi Publik Umsida, Gelar Kompetisi Video Pajak

    SIDOARJO (WartaTransparansi.com) – Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik Fakultas Bisnis, Hukum dan Ilmu Sosial Universitas Muhammadiyah Sidoarjo,  menggelar Kompetisi Video Pajak “Bijak Berpajak, Bangsa Berjaya”.

    Ketua Himpunan Mahasiwa Administrasi Publik Mareta Ryarsa Hanyfa, dan Ketua Pelaksana program kerja lomba video pajak Widya Kristanti mengatakan bahwa Gebrakan kompetisi perdana ini, dirancang sedemikian rupa sebagai ajang untuk mengajak masyarakat agar selalu taat membayar pajak.

    Sasaran kegiatan, lanjutnya, ditunjukkan bagi seluruh siswa/i tingkat SMA/SMK se-Jawa Timur. Sedangkan acara seminar dan penganugerahan dimulai dari pukul 09.00 WIB – selesai di Aula Siti Khadijah Lantai 4 Kampus 3 secara hybrid dan diikuti oleh mahasiswa aktif prodi Administrasi Publik dan para pemenang dari SMK Muhammadiyah 1 Lamongan, SMK Ma’arif Tanggulangin, SMKN 1 Pungging, dan SMAN 2 Sidoarjo, Senin (15/8/2022).

    Menurut Bidang Kemahasiswaan FBHIS Muhammad Junaedi, S.Sos., M.Si “Kegiatan perdana HIMAPIK ini bagus, karena dapat melaksanakan lomba pada periode tahun ini, “Semoga kedepannya bisa menjadi proker berkelanjutan dan semakin bervariatif lagi” Ujarnya.

    Sekretaris prodi Ilmi Usrotin Choiriyah., M.AP, Gubernur Mahasiswa dari BEM FBHIS Muhammad Muzakki Anwar,
    menyatakan sangat senang karena kompetisi berjalan baik.

    Pada sesi seminar dengan narasumber Ari Suryono, S.Sos., M.Si selaku kepala Badan Pelayanan Pajak Daerah (BPPD) Kabupaten Sidoarjo, memaparkan bahwa “Kondisi ekonomi di Sidoarjo ini rata-rata sudah di atas provinsi dan nasional dengan nilai 5%. Hal ini terjadi karena Sidoarjo merupakan pusatnya industri dan perdagangan. Sehingga pertumbuhan ekonominya pun cukup bagus.” katanya.

    Ditayangkan pula hasil video yang sesuai dengan tema dan ketentuan, dimana mampu menyuarakan atau mensosialisasikan generasi penerus bangsa untuk taat dalam membayar pajak, manfaat hingga pentingnya pajak serta penilaian dewan juri.

    Ari menegaskan, bahwa membayar pajak sekarang sangatlah mudah bisa melalui indomaret, linkaja, dsb. Pajak juga dibagi menjadi 9 jenis mulai dari pajak kendaraan, pajak bangunan, pajak restoran, pajak hotel yang dimana 10% dari setaip laba pendaptannya disetorkan ke wilayah pusat ataupun daerah”, pungkasnya.

    Pemenang lomba juara Harapan Juara Harapan SMK Muhammadiyah 1 Lamongan, Juara 3 SMK Ma’arif Tanggulangin, Juara 2 SMKN 1 Pungging, dan Juara 1 SMAN 2 Sidoarjo dengan total hadiah jutaan rupiah, DPP 50% UMSIDA dan juga piala JATIM Cup yang menjadi benefit bagi para pemenang.

    Para pemenang kompetisi video juga mendapatkan hadiah tambahan dari Ari selaku Kepala BPPD sekaligus dalam bentuk mensupport kegiatan yang diadakan Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik ini.

    Teks foto: foto bersama dengan dosen-dosen UMSIDA, narasumber, para pemenang lomba dan juga dengan mahasiswa prodi administrasi publik yang hadir sebagai peserta seminar. (*)

    Reporter : Nuriyah Maslahah

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2022 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan