Selasa, 16 Agustus 2022
27 C
Surabaya
More
    Politik PemerintahanPakar Kebijakan Publik Sambut Baik Kominfo Latih Talenta Digital
    Sukseskan Teknologi Canggih TV Digital

    Pakar Kebijakan Publik Sambut Baik Kominfo Latih Talenta Digital

    SIDOARJO  (WartaTransoaransi.com) – Kesiapan Kementerian Kominfo mensukseskan Analog Switch-Off (ASO) dengan menyiapkan talenta digital disambut baik pakar kebijakan publik.

    Pakar Kebijakan Publik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) Ahmad Riyadh UB P.hD mengatakan, perubahan siaran TV Analog ke TV Digital, memang bukan hanya soal gambar dan suara, tetapi teknologi yang menyertai seperti EWS dan penggunaan data internet dari televisi.

    “Jadi kalau Kementerian Kominfo menyiapkan atau melatih talenta digital untuk mensukseskan program itu, merupakan program percepatan yang luar biasa “ katanya.

    Menurut dia, tenaga talenta digital atau sumber daya manusia dengan menguasai teknologi canggih melalui TV Digital, sangat dibutuhkan. Jika perlu dibentuk secara khusus untuk program pendampingan di tingkat kecamatan.

    Baca juga :  Surokim : Politik Gagasan Akan Lebih Laku Ketimbang Politik Identitas

    Sebab, lanjut Riyadh, jika ada program pendampingan dengan petugas memilik basis pengetahuan digital, maka akan mempercepat proses memanfaatkan TV Digital untuk berbagai program pekembangan kemajuan teknologi dan dunia usaha.

    “Talenta digital adalah keniscayaan untuk mensukseskan program ASO 2022, dengan harapan masyarakat mendapat kualitas siaran baik, dan mendapat tambahan dari kecanggihan TV Digital untuk berbagai usaha,” ujar Riyadh.

    Sebagaimana diketahui,
    program Analog Switch Off (ASO) telah berjalan sejak April 2022 yang lalu.
    Berbagai upaya untuk menyukseskan program migrasi TV analog ke TV digital tersebut terus dilakukan oleh pemerintah melalui Kementerian Kominfo.
    Saat ini, pemerintah bersama operator telekomunikasi telah membangun infrastruktur teknologi telekomunikasi dan komunikasi (TIK).

    Baca juga :  Wagub Emil Tekankan Pentingnya Kecakapan Digital Bagi Generasi Z

    Pembangunan infrastuktur TIK dimaksudkan,
    agar masyarakat dapat memanfaatkan ruang digital secara lebih leluasa.

    “Pemerintah juga telah menyiapkan program stimulan agar ruang digital dapat bermanfaat optimal bagi seluruh masyarakat di Indonesia,” ujar Menteri Kominfo, Johnny G Plate saat Halal Bihalal Keluarga Besar Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL) yang berlangsung secara hybrid di Bidakara Hotel, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan.

    Johnny juga mengatakan, adanya dukungan sumber daya manusia yang unggul dapat mempercepat target migrasi siaran analog yang dilakukan.

    Target yang dimaksudkan adalah untuk menghasilkan siaran digital Indonesia yang lebih jernih dan berkualitas.

    Johnny mengaku, pihaknya membangun ICT infrastruktur agar digital space dapat digunakan dan dimanfaatkan secara optimal.

    Baca juga :  Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily , Masih Ada Peluang Bertambah Partai

    Dengan didukung sumber daya manusia yang unggul, target untuk menghasilkan siaran digital Indonesia yang lebih jernih dan berkualitas tentunya diharapkan akan bisa tercapai sesuai jadwal yang ditetapkan untuk ASO tersebut.

    Jonny mengatakan, kolaborasi dibutuhkan supaya upstream digital dapat dilakukan melalui gelaran infrastruktur TIK dan deploy intervensi budget.

    Oleh karena itu, pihaknya menginformasikan telah menyiapkan program stimulus pengembangan digital talent untuk semua level, bersama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Ditjen Aplikasi Informatika.

    “Tahun lalu terdapat 12.5 juta rakyat ikut di dalam program ini. Setidaknya untuk merangsang Small Medium Entreprises atau UMKM dan Ultra Mikro untuk bisa digital onboarding. Basic digital skills dengan empat kurikulum dasar yakni digital skills, digital safety, digital culture dan digital ethics,” ujar Johnny.

    #ASO
    #analogswitchoff
    #TVdigital
    #siarandigitalindonesia
    #ASO2022

    Reporter : Djoko Tetuko

    Penulis :

    Editor :

    Redaktur :

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan