Jumat, 12 Agustus 2022
25.7 C
Surabaya
More
    OlahragaGunduli Nepal 7 Gol, Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023

    Gunduli Nepal 7 Gol, Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Timnas Indonesia senior memastikan satu tempat di putaran final Piala Asia 2023 setelah meraih kemenangan telak atas timnas Nepal 7 gol tanpa balas di Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Internasional Al Ahmad, Kuwait City, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB.

    Tujuh gol kemenangan tim asuhan Shin Tae-yong masing-masing dicetak oleh Dimas Drajad (menit ke-6), Witan Sulaeman dua gol (43′ dan 81′), Fachruddin Aryanto (54′), Saddil Ramdani (55′), Elkan Baggott (80′), serta Marselino Ferdinan (90′) Hasil itu membuat Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 sebagai salah satu dari lima runner-up terbaik.

    Di klasemen akhir Kualifikasi Piala Asia 2023, Indonesia menempati peringkat kedua Grup A di bawah Yordania dan masuk lima klasemen runner-up terbaik. Indonesia mengumpulkan 6 poin dari tiga kali bertanding dengan dua kali menang atas Kuwait 2-1 dan Nepal 7-0. Kemudian kalah 0-1 saat jumpa Yordania di pertandingan kedua.

    Baca juga :  Thailand Dampingi Indonesia ke Semifinal Piala AFF U16

    Yordania sendiri lolos sebagai juara grup A dengan 9 poin dari tiga kali kemenangan atas Nepal 2-0, Indonesia 1-0 dan kemenangan 3-0 atas Kuwait di pertandingan terakhirnya. Sedangkan tuan rumah Kuwait menduduki peringkat ketiga dari sekali menang 4-1 atas Kuwait dan dua kali kalah. Sementara Nepal menduduki peringkat juru kunci tanpa poin dari hasil tiga kali kekalahan.

    Nepal yang ditangani pelatih Kiran Shrestha menjadi bulan-bulan anak asuh Shin Tae-yong dalam pertandingan ini. Saat pertandingan memasuki menit ke-6, Indonesia sudah mampu mencetak gol melalui sundulan Dimas Drajad. Apalagi sejak menit ke-33, Nepal harus bermain dengan 10 pemain setelah Suman Aryal diganjar kartu merah.  Pemain nomor 6 itu melakukan pelanggaran keras terhadap Asnawi yang berujung kartu kuning kedua lalu kartu merah.

    Baca juga :  Harga Tiket Kelas Utama Persik Kediri vs Borneo FC Dinaikkan

    Setelah itu, Indonesia mampu menambah 6 gol untuk memastikan diri membuat sejarah baru setelah 15 tahun absen di putaran final Piala Asia.

    Kali terakhir Timnas Indonesia bermain di Piala Asia adalah pada edisi 2007, itupun tim Merah Putih bertindak sebagai salah satu dari empat tuan rumah bersama Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Setelah itu, Indonesia tidak pernah bermain di Piala Asia. Setelah gagal lolos kualifikasi di Piala Asia 2011 dan 2015, Timnas Indonesia didiskualifikasi dari kualifikasi Piala Asia 2019 karena sanksi FIFA.

    Kemenangan atas Nepal menggaransi posisi Timnas Indonesia ke putaran final Piala Asia 2023 yang hingga kini belum memiliki tuan rumah menyusul keputusan China untuk mundur. PSSI sendiri sudah mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah menggantikan China.

    Baca juga :  Arthur Felix Diragukan Bisa Tampil Menawan Borneo FC

    Dalam sejarah pertemuan kedua tim, Indonesia dan Nepal pernah bertemu satu kali. Satu-satunya duel Indonesia vs Nepal terjadi pada 2014. Pertandingan Indonesia vs Nepal kala itu digelar dalam laga uji coba di Stadion Gajayana, Malang. Tim Merah Putih yang kala itu dilatih mendiang Alfred Riedl menang meyakinkan 2-0 atas Nepal. (sr)

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan