Kamis, 13 Juni 2024
31 C
Surabaya
More
    LifeStyleKiat jaga suasana hati tetap baik selama berpuasa

    Kiat jaga suasana hati tetap baik selama berpuasa

    Jakarta (WartaTransparansi.com) – Suasana hati seseorang yang terganggu selama berpuasa Ramadhan, salah satunya akibat konsumsi karbohidrat berlebihan baik saat sahur maupun berbuka puasa, menurut pakar diet dari Fresenius Medical Care North America Shamila Malik.

    “Perubahan emosional itu dipicu oleh lonjakan glukosa. Jika Anda mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat, Anda memiliki respons glikemik yang cepat, karena karbohidrat lebih cepat menjadi glukosa daripada protein,” kata dia seperti dikutip dari LA Times, Jumat.

    Di sisi lain, rasa lapar dan haus juga dapat berkontribusi pada suasana hati. Lalu makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa demi mengurangi rasa lapar? Umumnya, makanan tinggi protein dan serat tinggi karena memberi energi lebih lama.

    “Makan pagi yang tinggi protein akan sangat bermanfaat. Contohnya telur, yogurt, kacang-kacangan, ikan, ayam,” ujar pakar diet Sumiya Khan.

    Gandum dan sumber lemak sehat seperti alpukat juga akan membantu membuat rasa kenyang sepanjang hari.

    Selain itu, jangan lupakan buah-buahan dan sayuran tinggi serat, karena mengandung berbagai vitamin dan mineral yang diperlukan dan juga memberikan hidrasi. Alasan lain untuk memperhatikan asupan serat yakni supaya memudahkan buang air besar.

    Mencukupi kebutuhan hidrasi, istirahat dan tetap aktif bergerak juga sebaiknya tak dilupakan.

    Di sisi lain, saat lapar melanda khususnya di jam-jam menjelang berbuka puasa, cobalah mengalihkan perhatian misalnya dengan tidur siang. Kemudian, bila kondisi di luar rumah tidak terlalu panas dan matahari tidak terlalu terik sehingga membuat Anda dehidrasi, coba berjalan-jalanlah sebentar. Vitamin D dan endorfin dapat membantu jaga suasana hati seseorang, kata ahli diet Abrar Naely.

    Selain itu, belajar bersyukur juga dapat membantu. Menurut Khan, Ramadhan dapat menjadi waktu bagi Anda melakukan refleksi diri sekaligus bersyukur atas berkah yang selama ini didapatkan.

    “Ramadan dimaksudkan untuk menjadi waktu, sekali lagi, refleksi, disiplin dan juga rasa syukur atas berkah kita dan juga mengakui kita beruntung dapat berbuka puasa dengan makanan yang lezat bersama keluarga dan teman. Tidak semua orang memiliki kesempatan atau hak istimewa itu,” pesan dia.

    Kemudian, saat waktu berbuka puasa tiba, makanlah tiga buah kurma. Ahli diet dari Cedars-Sinai Medical Center Soumar Haddad mengatakan, kurma mengandung sekitar 15 gram karbohidrat dan dapat langsung terserap ke dalam tubuh sehingga tubuh segera mendapatkan tambahan energi.

     

    Editor : Agustien W.

    Sumber : Antaranews.com

    COPYRIGHT © 2022 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan