Selasa, 16 Agustus 2022
27 C
Surabaya
More
    Jawa TimurKediriAntisipasi Pohon Tumbang, DLHKP Kota Kediri Pangkas Pohon Rimbun

    Antisipasi Pohon Tumbang, DLHKP Kota Kediri Pangkas Pohon Rimbun

    KEDIRI (WartaTransparansi.com) – Sebagai upaya antisipasi adanya pohon tumbang, Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan, dan Pertamanan (DLHKP) Kota Kediri pangkas pohon rimbun di ruas jalan-jalan protokol yang dapat membahayakan masyarakat maupun pengguna jalan bila terjadi bencana alam sewaktu waktu.

    Kepala DLHKP Kota Kediri, Anang Kurniawan mengatakan, pihaknya tengah fokus untuk melakukan pengecekan pohon-pohon yang dianggap rawan tumbang saat hujan maupun angin kencang.

    Pengecekan tersebut dilakukan oleh tim yang setiap hari berkeliling serta memantau pengaduan dari masyarakat.

    “Selain kita fokus terhadap dumas (pengaduan masyarakat), kita juta terus intensifkan kegiatan rutin. Seperti di sepanjang Jalan Veteran, Sam Ratulangi, serta di Jalan Patiunus Kota Kediri,” ujarnya, Minggu (17/4/2022).

    Baca juga :  Pemuda LDII Tampil Juara 1 Turnamen Bulutangkis KNPI Kota Kediri

    Lanjut Anang, DLHKP juga selalu melakukan pengecekan kondisi pohon mulai dari batang, ranting, hingga kekuatan akarnya.

    Sedangkan terkait pengaduan masyarakat, Anang mengaku hampir setiap hari menerima 3-4 laporan. Dan tidak butuh waktu lama, DLHKP harus menindaklanjuti dugaan informasi dari masyarakat tersebut paling lambat keesokan harinya.

    “ Memang setiap hari selalu dilakukan perabasan dan pemotongan pohon, agar tidak terjadi lagi pohon yang tumbang. Sehari rata-rata antara 3 sampai 4 dumas. Dan minimal besoknya harus sudah ada action. Artinya minimal harus dilakukan pengecekan oleh tim,” uraianya.

    Terakhir, dirinya menambahkan, untuk pengecekan itu dilakukan guna memastikan bahwa laporan masyarakat benar-benar sesuai dengan fakta dan kondisi di lapangan, sekaligus menentukan skala prioritasnya.

    Baca juga :  Berikut Ruas Penutupan Arus SLG saat Sinau Bareng Cak Nun

    “Pengaduan dari masyarakat tetap kita terima. Nanti kita lakukan pengecekan dan penilaian oleh tim. Dan akan ditentukan skala prioritasnya. Pastinya kita akan mendahulukan yang tingkat risikonya lebih tinggi,” pungkasnya. (Abi)

    Sejumlah petugas DLHKP sedang memotong ranting pohon rimbun yang dapat berpotensi terjadinya bencana alam di Jalan Veteran Kecamatan Mojoroto Kota Kediri

    Reporter : Moch Abi Madyan

    Penulis :

    Editor :

    Redaktur :

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan