Kamis, 20 Juni 2024
26 C
Surabaya
More
    AdvertorialTuntaskan Vaksinasi C-19 Bagi Anak Usia 6–11 Tahun Dinkes & Dispendik Kab....

    Tuntaskan Vaksinasi C-19 Bagi Anak Usia 6–11 Tahun Dinkes & Dispendik Kab. Mojokerto Blusukan ke SD & MI

    MOJOKERTO (WartaTransparansi.com) – Dinas Kesehatan berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Mojokerto setiap hari tiada henti mendatangi sekolahhan tingkat dasar baik negeri mupun swasta untuk melakukan vaksinasi Covid-19. Upaya ini dikebut agar target menuntaskan 100.000 vaksinasi bagi pelajar tingkat dasar sasaran anak usia 6 – 11 tahun bisa rampung sebelum akhir Januari 2022.

    “Setiap hari team Satgas Covid-19 Kabupaten Mojokerto, yang dikawal langsung oleh Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Mojokerto, Bupati Ikfina Fahmawati, mendatangi sedikitnya 5 sekolahan tingkat dasar(SDN, SD Swasta/MI), untuk melaksanakan vaksinasi bagi pelajar usia 6-11 tahun,” jelas, dr. Ulum Rokhmat Rohmawan, Direktur RSUD RA Basoeni, Gedeg sekaligus Plt. Dinas Kesehatan Kab. Mojokerto, dikonfirmasi saat memantau pelaksanaan saat pelaksanaan vaksin Covid-19 di lima sekolahan di wilayah Kec. Jetis, Selasa (11-1-2022).

    Menurut dr. Ulum, dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto, Zainul Arifin, sejak pertengahan Desember 2021 hingga saat ini, sudah lebih dari 160 sekolahahan (SDN, SD Swasta/MI) sudah didatangi sekaligus pelaksanaan vaksinasi. Setiap harinya paling sedikit 5 – 6 sekolahan tingkat dasar yang didatangi untuk melaksanakan vaksinasi tahap I (ke satu).

    Baca juga :  Ketua TP PKK Kabupaten Kediri Ajak Anak Yatim Piatu Keliling Destinasi Wisata Unggulan

    Tuntaskan Vaksinasi C-19 Bagi Anak Usia 6–11 Tahun Dinkes & Dispendik Kab. Mojokerto Blusukan ke SD & MI

    Masih Kata dr. Ulum, adapun target kami selama 45 hari, mulai pertenahan Desember 2021 sampai akhir Januari 2022, harus mampu merampungkan vaksinasi Covid-19 bagi pelajar usia 6 – 11 tahun sebanyak 100.000 pelajar tingkat dasar.

    “Sejak 14 Desember 2021 kita sudah sosialisasi kepada stakeholder terkait. Dan mulai pelaksanaanya di lapangan tanggal 15 Desember 2021. Untuk hari ini, rata-rata vaksinasi tiap hari sekitar 3.000 anak. Direncanakan vaksin akan selesai pada akhir Januari 2022 atau bisa mencapai 100%. Pelaksanaan vaksinasi ini diawali SK Kemenkes, lalu Instruksi Gubernur, dan petunjuk arahan di Pemda,”jelas dr..

    Masih kata Plt. Kadinkes Kab. Mojokerto, dr. Ulum bahwa Vaksinasi covid 19 untuk anak-anak usia 6-11 tahun memiliki manfaat sangat besar, yakni membentuk imun tubuh. Terlebih saat kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) seperti sekarang ini.

    Baca juga :  Ketua TP PKK Kabupaten Kediri Ajak Anak Yatim Piatu Keliling Destinasi Wisata Unggulan

    Anak-anak sangat berisiko terinfeksi dan dapat pula menjadi carrier virus kepada orang tua dan kelompok rentan seperti lansia yang tinggal serumah. Mereka pun menjadi salah satu kelompok usia yang penting diperhatikan, karena potensinya menjadi OTG. Maka dari itu, kesuksesan vaksinasi Covid-19 untuk kelompok usia ini, juga akan sangat bergantung pada peran orang tua dan lingkungan sekitar.

    Sementara itu untuk percepatan Vaksinasi Covid-19 dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Lembaga Negara lain termasuk Polres Mojokerto, Anggota Badan Intelijen Negara (BIN) Kabupaten Mojokerto juga turut membantu pelaksanaan vaksinasi dengan sasaran anak yang berumur 6 – 11 tahun.

    Polres Mojokerto juga menyiapkan 300 dosis vaksin dalam rangka ikut mensukseskan program pemerintah tersebut. Dengan pelaksanaan vaksinasi Merdeka Anak dilaksanakan pada Rabu (5/01) dipantau langsung oleh Kapolri Jendral Listyo Sigit melalui sambungan Virtual. Kapolres Mojokerto AKBP Apip Ginanjar yang didampingi oleh pejabat Utama Polres Mojokerto juga mengikuti kegiatan Vaksinasi yang dilaksanakan di Aula Polres Mojokerto.

    Baca juga :  Ketua TP PKK Kabupaten Kediri Ajak Anak Yatim Piatu Keliling Destinasi Wisata Unggulan

    “Animo para orang tua untuk anaknya mendapatkan vaksin sangat bagus. Kegiatan ini akan terus kami laksanakan sebagai usaha kita bersamamu untuk memutuskan mata rantai Covid-19 dan juga membentuk herd immunity di masyarakat,” ujar Kapolres Mojokerto.

    Sehari sebelumnya, Selasa ( 4 Januari 2022) Anggota Badan Intelijen Negara (BIN) Kabupaten Mojokerto menggelar suntik vaksin SINOVAC Ke 1 bagi anak yang berumur 6 s/d 11 tahun. Menurut salah satu Anggota BIN yang bertugas di lokasi mengatakan, pelaksanaan Vaksinasi di digelar di 7 (tujuh) lokasi yaitu SDN dan MI di Wilayah Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto, dengan jumlah 628 peserta vaksin ke 1 dan sasaran berikutnya bertempat dihalaman SDN 2 Desa Seduri Kecamatan Mojosari, dengan jumlah peserta 152 murid SDN 2 Desa Seduri yang disuntik vaksin ke 1. Untuk Tenaga Medis pada hari ini,Anggota Badan Inteljen ( BIN) bekerja sama dengan Tenaga Medis dari PUSKESMAS Mojosari.(gat)

    Reporter : Gatot Sugianto

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2022 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan