Minggu, 21 Juli 2024
23 C
Surabaya
More
    JakartaMasyarakat Dihimbau Lengkapi Vaksin Covid-19 dan Bersiap Terima Booster

    Masyarakat Dihimbau Lengkapi Vaksin Covid-19 dan Bersiap Terima Booster

    JAKARTA (WartaTransparansi.com) – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G.Plate mengimbau masyarakat untuk dapat melengkapi penerimaan vaksin COVID-19 dan bersiap untuk menerima vaccine booster yang tengah digodok persiapannya oleh Pemerintah Pusat.

    Ia berharap bagi warga yang baru menerima vaksin COVID-19 dosis 1 atau bahkan bagi warga yang belum menerima suntikan vaksin COVID-19 dapat dengan aktif memenuhi kewajiban sekaligus haknya itu.

    “Kita membutuhkan kekebalan kelompok di seluruh Indonesia. Ini harus dicapai bersama,” kata Johnny dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

    Terkait vaccine booster, Johnny menyampaikan supaya masyarakat yang telah menerima vaksin COVID-19 dosis lengkap juga dapat menyiapkan dirinya untuk menerima vaksin penguat yang akan didistribusikan dalam waktu dekat.

    Baca juga :  Menko Muhadjir : Ibu dan Anak-anak Tentukan Masa Depan Indonesia

    Ia menegaskan vaksin penguat tak kalah pentingnya dengan dosis pertama dan kedua supaya kekebalan tubuh warga Indonesia dapat lebih kuat di tengah masih nyatanya potensi serangan virus SARS-CoV-2.

    “Vaksinasi dosis penguat ini perlu untuk meningkatkan kembali proteksi kekebalan. Rekomendasi pemerintah, penyuntikan booster dapat dilakukan minimal 6 bulan setelah yang bersangkutan menerima dosis kedua,”katanya.

    Vaccine booster COVID-19 akan mulai didistribusikan pada daerah yang telah memenuhi kriteria capaian vaksinasi dosis pertama 70 persen dan dosis kedua 60 persen.

    Penerima yang akan diprioritaskan terhitung dari populasi dengan usia di atas 18 tahun.

    “Hingga saat ini 244 kabupaten/kota telah memenuhi persyaratan tersebut. untuk itu, kami mendorong dan minta dukungan semua pihak untuk percepatan cakupan vaksinasi di wilayah lainnya supaya dapat memenuhi kriteria yang ada,” ujar Johnny.

    Baca juga :  Dewan Kehormatan Berhentikan Penuh Hendry Ch Bangun dari Keanggotaan PWI

    Dalam masa persiapan untuk pemberian vaksin COVID-19 dosis ketiga itu, koordinasi terus dilakukan antar kementerian, lembaga pemerintah, hingga pihak- pihak lainnya yang terkait.

    Mengutip dari Antaranews, terbaru, pemerintah menanti pertimbangan dari ITAGI (Indonesian Technical Advisory Group of Immunization) untuk dapat memulai pemberian vaksin COVID-19 dosis ketiga.

    Bersamaan dengan percepatan vaksinasi COVID-19 dosis 1 serta 2 dan persiapan vaccine booster, Pemerintah juga terus menggalakkan vaksinasi terhadap masyarakat lansia dan anak- anak usia 6-11 tahun.

    “Vaksinasi anak terus berlanjut dan berjalan baik. Para orang tua jangan ragu, mari kita lengkapi vaksinasi anak-anak Indonesia,” Menkominfo mengajak.

    Tak lupa juga di tengah meningkatnya laporan kasus varian mutase Omicron, Johnny mengingatkan masyarakat supaya tetap berhati-hati menyikapi beredarnya berbagai hoaks terkait COVID-19.

    Baca juga :  Keputusan Dewan Kehormatan Ilegal, Hendry Ch Bangun : Saya Tetap Ketum PWI Pusat

    Tak terkecuali berita yang tak benar tentang vaksinasi booster dan vaksinasi anak.

    “Kominfo tentu terus melakukan berbagai upaya menangkal disinformasi dan hoaks yang bergulir di tengah masyarakat. Berdampingan dengan hal tersebut, kami harapkan warga (*)

    Reporter : Sabarudin

    COPYRIGHT © 2022 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan