Selasa, 30 November 2021
25.6 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMojokertoPeringatan Hari Pangan Sedunia, Momentum Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

    Peringatan Hari Pangan Sedunia, Momentum Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

    MOJOKERTO (Wartatransparansi.com) – Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati bersama Kepala Dispari (Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Mojokerto, Nurul Istiqomah, menggelar kegiatan Masterchef Challenge yang diikuti Kelompok Wanita Tani (KWT) dan Poktan Binaan Dinas Pangan dan Perikanan (Dispari) Kabupaten Mojokerto di Lembah Poetoek Soeko Desa Sukosari Kecamatan Trawas. Kegiatan ini merupakan salah satu rankaian acara peringatan Hari Pangan Sedunia ke-41 tahun 2021, Rabu (27/10/2021).

    Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, usai acara pembukaan peringatan hari pangan sedunia yang dimeriahkan bazar pangan murah menjelaskan, kegiatan ini harus menjadi momentum untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tidak hanya dari aspek ketahanan pangan, perekonomian warga juga harus menjadi lebih baik.

    Baca juga :  Ning Ita Sentuh Inkubasi Wirausaha Perikanan Bagi Warga Prajurit Kulon Kota Mojokerto

    “Bicara tentang ketahanan pangan, kita juga harus bisa menjadikan sektor ini sebagai penunjang kesejahteraan masyarakat, menyerap tenaga kerja dan meningkatkan perekonomian. Sesuai tema kegiatan hari ini, semua aspeknya harus berjalan lebih baik. Di sektor pertaniannya, kita bahkan sudah didorong dari sekarang untuk memikirkan komoditi ekspor. Ini sesuai arahan menteri pertanian ketika MoU di Probolinggo. Barang Yang diekspor pun harus barang jadi,”harap Ikfina.

    Secara terpisah, Kepala Dispari (Dinas Pangan dan Perikanan) Kabupaten Mojokerto, Hj. Nurul Istiqomah menjelaskan, Peringatan Hari Pangan Sedunia ke-41 bertajuk “Tindakan Kita, Masa Depan Kita, Produksi Lebih Baik, Nutrisi Lebih Baik, Lingkungan Lebih Baik dan Kehidupan Lebih Baik”. Menurutnya, kata ‘Lebih Baik’ menjadi kunci yang berkaitan dengan sistem keseluruhan.

    Baca juga :  Ning Ita Sentuh Inkubasi Wirausaha Perikanan Bagi Warga Prajurit Kulon Kota Mojokerto

    “Kegiatan pagi ini mengingatkan kita pentingnya ketahanan pangan, khususnya di masa pandemi. Pada kegiatan hari ini, secara simbolis kami juga menyerahkan bantuan hibah beras untuk 18 kecamatan yang diterima 476 orang masing-masing 10 kg,”jelas, Hj. Nurul.

    Dalam kegiatan itu juga diserahkan hibah bantuan barang kepada para poktan berupa rice milling unit (RMU), mesin poles beras, bantuan bibit tanaman, mesin sealer, cadangan beras pemerintah (CBP) Kabupaten Mojokerto, serta pemotongan tumpeng simbol ucapan syukur.

    Turut hadir mendampingi bupati dalam antara lain Sekdakab Mojokerto Teguh Gunarko, Ketua TP PKK Shofiya Hanak Albarra, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Devi Teguh Gunarko, Plt. Asisten 2, OPD Kabupaten Mojokerto, serta Pimpinan Bank Jatim Cabang Mojokerto. (*)

    Reporter : Gatot Sugianto
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan