Selasa, 26 Oktober 2021
29 C
Surabaya
More
    PendidikanDipercaya Jadi Pusat Keunggulan, SMK KAL 2 Gelar Sosialisasi

    Dipercaya Jadi Pusat Keunggulan, SMK KAL 2 Gelar Sosialisasi

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – SMK KAL 2 Surabaya menggelar Sosialisasi dan Koordinasi Pengembangan SMK Pusat Keunggulan, Rabu (15/9) lalu. Selain keluarga besar SMK KAL 2, kegiatan ini juga diikuti pihak eksternal atau luar sekolah.

    Kepala Sekolah SMK KAL 2 Qurratu Rahimah mengatakan, sosialisasi ini dilakukan setelah sekolah yang berlokasi di Jalan Teluk Sampit 2B, Perak Utara, dipercaya oleh  pemerintah untuk menjadi SMK PK (Pusat Keunggulan). Khususnya pada sektor nautika kapal niaga.

    Untuk itu, lanjut  Qurratu, SMK KAL-2 Surabaya telah melakukan kerjasama dengan berbagai kalangan untuk menunjang kebutuhan taruna. Diantaranya penyelenggaraan praktik laut selama 12 bulan, penyelarasan kurikulum industri pelayaran, guru tamu, diklat pemberdayaan masyarakat, diklat keterampilan pelaut, ujian pelaut tingkat IV
    (ANT-IV/ATT-IV), kunjungan kapal, dan belajar di atas kapal berlabuh.

    Adapun kalangan yang telah telah bekerjasama, antara lain perusahaan pelayaran PT. Berlian Lautan Sejahtera, PT Dharma Lautan Utama, PT Gerbang Samudra Sarana, dan PT Bahana Line.

    Selain itu, ada juga Politeknik Pelayaran Surabaya dan KM Sabuk Nusantara 115.



    “Disamping itu, pengajar di SMK KAL 2 juga merupakan ex pengawak kapal, baik kapal dalam negeri maupun luar negeri,” terang Qurratu.

    Perempuan berjilbab ini juga mengungkapkan, dari berbagai upaya yang telah dilakukan untuk membekali lulusan dengan standar yang telah di tentukan dalam STCW dan amandemennya,  keterserapan lulusan yang telah memiliki ijazah laut baik ANT-IV maupun ATT-IV terbilang tinggi, sekitar 80 persen.

    “Sebelumnya, pada tahun 2020 lalu SMK KAL 2 juga mendapat bantuan dari pemerintah dalam bentuk fisik, yakni berupa gedung Centre of Excellence (Pusat Keunggulan) yang dilengkapi peralatan serta pelatihan-pelatihan atau workshop,” ungkap Qurratu Rahimah.

    Bahkan, lanjut Qurratu lagi, untuk ke depannya Ketua Pengurus Cabang Yayasan Hang Tuah, Letkol Drs. Ambar Kristiyono M.Si berharap SMK KAL 2 bisa dilengkapi asrama untuk taruna. Kalau bisa dibangun tiga lantai.

    “Karena taruna SMK KAL 2 Surabaya banyak yang berasal dari luar kota, bahkan luar pulau,” terang Qurratu.

    Dalam sosialisasi tersebut, selain pengajar SMK KAl 2, juga hadir Ketua Pengurus Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah Letkol Drs.Ambar Kristiyanto M.Si, Kabidik Cabang Surabaya Hang Tuan Drs.Ramayanti, Drs.Indra Ranu Kusuma ST,.M.sc, C.MarEng (pendamping dari ITS), Saifulloh SPd, M.A.P (Cabang Dinas Sidoarjo), dan Priyono S.Psi (PT Gerbang Samudra Sarana). Sedang Dra.Endang Sadbudhy Rahayu MBA (praktisi pusat) hadir secara virtual. (*)

    Reporter : Teguh Safrianto
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan