Jumat, 26 Juli 2024
26 C
Surabaya
More
    Jawa TimurBanyuwangiDPRD Banyuwangi Minta Rasionalisasi THL dikaji Ulang

    Hearing DPRD dengan berbagai SKPD soal Tenaga Harian Lepas

    DPRD Banyuwangi Minta Rasionalisasi THL dikaji Ulang

    BANYUWANGI (Wartatransparansi.com) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banyuwangi menggelar rapat hearing bersama dinas terkait persoalan rasionalisasi atau pengurangan Tenaga Harian Lepas (THL) di beberapa SKPD Pemkab Banyuwangi yang dinilai kurang tepat. 

    Hearing yang dilakukan bersama Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) bertempat di Ruang Rapat Khusus DPRD Banyuwangi, Senin (1/3/2021) ekan lalu.

    Pimpinan dewan dan anggota Komisi I berharap kebijakan rasionalisasi THL dikaji ulang. 

     Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Ruliyono mengatakan, melihat kondisi yang serba sulit dampak dari pandemi covid-19, kebijakan pengurangan  THL dinilai kurang tepat, 

    Sebagai tulang punggung keluarga mereka masih membutuhkan pekerjaan guna mencukupi kehidupan sehari-harinya. 

    Kebijakan pengurangan dan pemberhentian THL kurang tepat dan tidak manusiawi, karena saat ini kondisi masih prihatin dampak pandemi covid-19 , dan sebagian besar mereka tulang punggung keluarga, banyak tanggungan. “ ucap Ruliono.

    Dewan meminta agar pemerintah daerah mengkaji ulang kebijakan rasionalisasi THL tersebut dan mempekerjakan kembali para THL di SKPD masing-masing. 

    “Disini kita carikan solusi. Kami masih memberikan kesempatan kepada BKD dan BPKAD untuk berkoordinasi dengan Sekda dan Bupati baru soal kebijakan rasionalisasi THL,” tandasnya.

    Sementara Kepala BKD Banyuwangi, Nafiul Huda menyampaikan bahwa pengurangan THL di lingkungan SKPD (satuan kerja perangkat daerah) Banyuwangi dikarenakan adanya kelebihan pegawai.

    Setelah dilakukan rasionalisasi berdasarkan analisa jabatan dan analisa beban kerja. Kebutuhan pegawai dilingkungan Pemkab Banyuwangi hanya sebesar 7.313 orang yang terdiri dari 3.897 ASN, 114 PPPK dan selebihnya tenaga harian lepas.

    Namun jumlah pegawai di lingkungan Pemkab Banyuwangi saat ini mencapai 7.902 pegawai sehingga adah kelebihan tenaga sebanyak 589 personil. ada sekitar 300 lebih THL yang akan dikurangi. 

    Untuk tindak lanjutnya, BKD masih akan melakukan koordinasi terkait dengan persoalan rasionalisasi THL bersama Sekretaris daerah Pemkab Banyuwangi. (adv/jam)

    Reporter : Jamhari

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2021 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan