Jumat, 19 April 2024
30 C
Surabaya
More
    OpiniTajukIndonesia Berduka

    Indonesia Berduka

    Oleh Djoko Tetuko – Pemimpin Redaksi WartaTransparansi

    “Innalillahi wa Inna ilaihi Roji’un”, Indonesia berduka.

    Jumat (15/1/2021) dini hari, Provinsi Sulawesi Barat, diguncang gempa cukup hebat dengan berkekuatan 6,2 dan sebelumnya
    berkekuatan 5,9 magnitudo. Dengan catatan masih memungkinkan gempa akan terulang kembali.

    “Indonesia benar-benar berduka”. Belum selesai melakukan evakuasi penyelamatan secara total korban pesawat Sriwijaya Air SJ 182 jatuh di antara Pulau Laki dan Pulau Lancang di kawasan Pulau Seribu, sejak Minggu (10/1/2021) setelah hilang kontak Sabtu (9/1/2021) karena jatuh pada sekitar pukul 14:40 WIB.

    Awal tahun 2021 data kasus positif terinfeksi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Jawa-Bali terus naik secara signifikan. Bahkan memecahkan rekor penambahan harian pada tahun 2020.

    Pemerintih pusat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), baru berjalan sejak Senin (11 Januari 2021) dengan berbagai model menyesuaikan potensi dan kebijakan daerah masing-masing dengan tetap mengawal protokol kesehatan secara ketat. Juga mendukung pemulihan ekonomi lokal maupun nasional. Baru dimulai dan akan berakhir 25 Januari 2021.

    Vaksinasi Covid-19 dengan vaksin Sinovac diawali dari Presiden Joko Widodo, pada Rabu (13/1/2021), dan sampai Jumat (15/1/2021) terus bergulir termasuk sekarang dilakukan di Surabaya Raya dan Malang Raya serta seluruh daerah sesuai arahan dari pemerintah pusat dengan melajukan vaksinasi secara massal dengan prioritas petugas tenaga kesehatan dan tokoh publik maupun tokoh masyarakat.

    Juga masih ada kelompok tertentu menolak dengan tanpa alasan ilmu pengetahuan, terutama melalui uji klinis, tetapi kampanye menolak dengan mengancam menggunakan Undang Undang Hak Asasi Manusia.

    Juga baru saja selesai rakyat dikejutkan tiba-tiba makanan khas kebangsaan, tahu dan tempe hilang di pasaran karena harga kedelai meroket sangat tinggi. Sehingga sempat terjadi kegaduhan di masyarakat, bahkan pemerintah sampai melakukan operasi pasar.

    Kamis (14/1/2021) ulama kharismatik Syekh Ali Jaber dengan dakwah menujukkan dan ilmu Al-Quran sangat meyakinkan, bahkan sebagai referensi ratusan para penghafal Al-Quran, wafat karena sakit.

    Jumat (15/1/2021) dini hari sekitar pukul 01:41 WITA di kawasan Sulawesi Barat, diguncang gempa cukup hebat dengan berkekuatan 6,2 dan sebelumnya
    berkekuatan 5,9 magnitudo. Telah merobohkan sejumlah bangunan termasuk Gedung Kantor Gubernur Sulawesi Barat, Rumah Sakit Mitra Memuju serta sejumlah bangunan fasilitas umum.

    Tidak hanya itu, korban tewas terus berjatuhan dan ribuan pengungsi sedang meninggalkan rumah karena ribuan rumah porak-poranda dan roboh, serta kerusakan lain sangat membutuhkan bantuan semua pihak secara nasional.

    Pemerintah pusat dan pemerintah daerah juga lembaga yang sudah profesional menggalang dana dengan menampung bantuan sosial, harus segera melakukan aksi cepat dan tanggap terhadap kesulitan saudara-saudara di Sulawesi Barat.

    Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, dalam siaran pers Jumat (15/1/2021), prihatin. LaNyalla berharap musibah ini bisa segera diatasi dan masyarakat bisa kembali beraktivitas.

    LaNyalla mendorong pemerintah daerah dan BNPB serta Kemensos RI segera bertindak cepat mengatasi gempa yang melanda Sulawesi Barat. Bahkan meminta pemerintah segera mengirimkan bantuan yang diperlukan masyarakat.

    Indonesia berduka, semua warga negara wajib memanjatkan doa untuk membantu supaya Allah SWT, menguatkan iman dan memberikan kesabaran menghadapi musibah cukup berat dalam suasana masa pandemi Covid-19.

    Indonesia berduka, semua warga negara dengan seluruh kekuatan wajib memberikan sumbangsih untuk meringankan beban saudara-saudara di Sulawesi Barat.

    Indonesia berduka, semua warga negara dengan seluruh kekuatan bersama-sama, bergotong royong menghadapi berbagai peristiwa memilukan dan memprihatinkan, dengan sabar, tawakal serta terus berusaha dan berkarya mengawal tanah air tetap terjaga. (*)

    Penulis : Djoko Tetuko

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan