Senin, 12 April 2021
26 C
Surabaya
More
    TajukEksportir dari IKM Butuh Bimbingan Manajemen dan Pendampingan

    Eksportir dari IKM Butuh Bimbingan Manajemen dan Pendampingan

    Oleh – Pemimpin Redaksi Wartatransparansi

    Kesuksesan Pasuruan menciptakan eksportir dari produk IKM (industri Kecil Menengah), patut mendapat apresiasi dan dukungan terus menerus supaya berkelanjutan dan melahirkan eksportir dari Usaha Kecil dan Menengah bahkan mikro.

    Dari kesuksesan itu, bersama pihak terkait, dalam hal ini Bea Cukai, wajib melakukan koordinasi untuk memberikan bimbingan manajemen dan kebutuhan mengetahui seluk beluk eksport, dari hulu sampai hilir, sehingga IKM mampu berdiri sendiri di atas kaki sendiri.

    Kegiatan ekspor impor adalah kegiatan bisnis yang melibatkan banyak pihak, baik dari isntansi pemerintah dan pelaku bisnis dari berbagai sektor, seperti Direktorat Jenderal Bea & Cukai, Direktorat Perdagangang Luar Negeri, Depperindag, Surveyor eksportir, importir, bank, perusahaan perngeluaran barang di pelabuhan, perusahan angkutan, asuransi, , dan lain-lain.

    Baca juga :  Gempa Malang Manusia Wajib Tetap Syukur dan Sabar

    Dengan demikian maka banyak peraturan dan prosedur yang harus dilaksanakan oleh eksportir dan importir. Selain itu adanya perbedaan interpretasi bisnis dengan pihak-pihak di luar negeri juga seringkali menjadikan satu hal yang bisa menghambat dalam melakukan kegiatan transaksi ekspor impor. Disinilah peran pemerintah terutama Bea dan Cukai dengan berbagai pihak terkait memberikan bimbingan sekaligus pelatihan manajemen sederhana yang berguna. Juga pendampingan dengan advokasi.

    Reporter :
    Penulis : Djoko Tetuko Abdul Latief
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    Komentar

    guest
    0 Komentar
    Inline Feedbacks
    View all comments

    Berita Menarik Lainya

    Terkini

    Jangan Lewatkan