Sabtu, 22 Juni 2024
28 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMagetanTahun 2021 Damkar Magetan Resmi Jadi OPD

    Tahun 2021 Damkar Magetan Resmi Jadi OPD

    MAGETAN (Wartatrsnsparansi.comom) – Pemadam Kebakaran memliki fungsi kedaruratan yang sangat fital. Tetapi selama ini Damkar masih menginduk pada OPD lain sehingga dirasa kinerjanya  kurang maksimal.

    Bidang Pemadam Kebakaran yang sekarang masih gabung dengan Kantor Satuan Polisi Pamong Praja pada tahun 2021 akan berdiri menjadi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sendiri di Pemkab Magetan. Sebelumnya Damkar juga bergabung dengan Dinas PUPR.

    Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Magetan Drs.Chanif Tri Wahyudi, M.Si membenarkan jika pada tahun 2021 akan berdiri sendiri menjadi OPD. ” Tahun 2021 Damkar akan jadi OPD sendiri,” ujar Chanif.

    Saat ini masih sedang dalam persiapan dan sudah dikomunikasikan dengan Dewan. Dijelaskan Chanif nantinya setelah Damkar menjadi OPD menjadi Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan.

    Baca juga :  Sujatno Serahkan Hewan Kurban di Masjid Agung Baiatussalam Magetan

    Nantinya akan ada 3 bidang dan enam Kasi dalam OPD baru. Pembentukan OPD baru akan ada penambahan personil baru menyesuaikan jumlah kepala bidang dan jumlah Kasinya. Namun perekrutan tidak bisa dilakukan sekarang karena saat ini Damkar masih menginduk pada Kantor Satpol PP. Perekrutan akan dilakukan setelah resmi terbentuk OPD baru.

    “Semua agenda sudah kita bicarakan dengan Dewan pada waktu RDP,” kata Chanif. Diperkirakan akan ada dua peleton dengan personil sekitar 61 orang.

    Sedangkan pada pengadaan untuk bidang Penyelamatan juga belum bisa dilakukan saat ini.Pengadaan yang dimaksud adalah seperti Perahu karet dan alat alat penyelamatan lainnya.Kemungkinan pengadaan alat keselamatan dapat dilaksanakan setalah PAK tahun depan. Karena anggaran Damkar tahun 2021 masih menjadi satu dengam Satpol PP.

    Baca juga :  Dewan Sorot Pelaksanaan Perpres 80 oleh Pemkab Magetan

    Dijelaskan Chanif saat ini semua persiapan telah berjalan termasuk persiapan kantor OPD baru.Damkar sekarang masih jadi satu kantornya di Dinas PUPR walaupun induknya di Satpol PP.Diketahui jika Damkar telah bergabung satu induk dengan Kantor Satpol PP sejak tahun 2017 yang sebelumnya menginduk pada Dinas PUPR.(rud/sal)

    Reporter : Rudi/Faisal

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2020 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan