Jumat, 14 Juni 2024
29 C
Surabaya
More
    OpiniTajukBuahsimalakama Rencana KBM Tatap Muka

    Buahsimalakama Rencana KBM Tatap Muka

    Oleh Djoko Tetuko – Pemimpin Redaksi WartaTransparansi.com

    Rencana Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka, mulai Januari 2021, merupakan buahsimalakama. Tidak dilaksanakan kasihan anak didik, dilaksanakan bahaya terinfeksi Covid-19 masih mengancam.

    Diketahui, Mendikbud Nadiem Makarim mengumumkan pembelajaran tatap muka di seluruh sekolah bisa dimulai pada Januari 2021. Meski masih berada zona risiko sedang atau tinggi virus Corona.

    Namun, berlaku syarat mendapat persetujuan kepala daerah, koordinasi dengan Satgas Covid-19 daerah, persiapan sekolah melaksnakan protokol kesehatan, dan surat ijin atau pernyataan dari orangtua.

    Inilah KBM tatap muka buahsimalakama, kepada daerah harus dibenturkan dengan ancaman bahaya menyebaran virus Corona. Juga kondisi frustasi anak didik dan orangtua. Sementara sekolah harus melakukan protokol kesehatan dengan ketat.

    Baca juga :  Menjaga Marwah Bulan Besar (Dzulhijjah)

    Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengimbau agar ada Satgas Covid-19 hingga satuan terkecil, seperti lingkup sekolah.

    LaNyalla, Minggu (22/11/2020) mengingatkan bahwa wacana pembukaan sekolah di seluruh zona risiko Corona, harus dibarengi dengan persiapan yang matang. Jangan sampai mempertaruhkan nasib anak-anak.

    LaNyalla mengingatkan Pemda untuk membantu mempersiapkan infrastruktur protokol kesehatan di tiap-tiap sekolah di wilayahnya. Pihak sekolah juga diminta untuk melakukan antisipasi penyebaran virus Corona sedetil mungkin.

    Meminta Pemda membantu pembangunan sarana atau fasilitas demi menunjang protokol kesehatan, Tidak hanya untuk sekolah negeri, tapi seluruh sekolah yang ada di wilayahnya.

    Pada saat pembelajaran tatap muka dilakukan. Bukan hanya soal jaga jarak atau memakai masker dan mencuci tangan, namun juga termasuk sistem sifting atau pembelajaran bergiliran seperti yang disyaratkan Kemendikbud.

    Baca juga :  Menjaga Marwah Bulan Besar (Dzulhijjah)

    Inilah rencana KBM tatap muka ibarat buahsimalakama. Belum ada standar model KBM, belum ada kepastian hukum, belum ada sarana prasarana pendukung, belum terbentuk Satgas Covid-19 sekolah.

    Oleh karena itu, tanpa mengurangi rasa hormat kepada Kemendikbud dan pihak terkait, sebelum
    dilakukan KBM tatap muka, sebaiknya Pemda, pihak sekolah, komite sekolah, Satgas Covid-19, dan wali murid mengadakan pertemuan khusus mencari model terbaik untuk menyelamatkan guru, anak didik, dan wali murid tidak sampai jadi korban ancaman Covid-19.

    Semoga dengan musyawarah mufakat, dapat diketahui plus minus KBM tatap muka, sekaligus model terbaik untuk keselamatan jiwa keluarga besar pihak sekolah. (*)

    Penulis : Djoko Tetuko

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2020 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan